Liga Spanyol

Kehadiran Maxi Gomez Bikin Takut Barcelona

Penyerang anyar Valencia, Maxi Gomez, kini menjadi pembicaraan publik. Sebab, dia disebut sebagai pemangsa Barcelona.

Kehadiran Maxi Gomez Bikin Takut Barcelona
To the Lane and Back
Maxi Gomez diincar sejumlah klub Liga Inggris. 

Penyerang anyar Valencia, Maxi Gomez, kini menjadi pembicaraan publik. Sebab, pada laga pekan ke-21 La Liga Spanyol, saat timnya menjamu Barcelona, dia lah bintang lapangan yang mampu menaklukkan gawang Marc Ter Stegen.

Pada laga tersebut Valencia menang 2-0. Semua gol tercipta berkat campur tangan Maxi Gomez. Pada gol pertama di menit ke-48, Gomez melesakkan tendangan ke arah gawang Ter Stegen, namun mengenai badan Jordi Alba. Sementara, di gol kedua menit ke-77, Gomez mendapat umpan dari Ferran Torres.

Maxi Gomez diincar sejumlah klub Liga Inggris.
Maxi Gomez diincar sejumlah klub Liga Inggris. (To the Lane and Back)

Berdasarkan statistik yang dilansir Opta Jose, Barcelona merupakan mangsa favorit bagi Gomez di La Liga. Gomez bergabung dengan Valencia sejak 2019/2020 ini. Namun, dua musim sebelumnya dia bergabung di Celta de Vigo.

Selama hampir tiga musim berkarier di La Liga Spanyol, Gomez sudah mengemas total 40 gol dari 102 penampilannya di semua laga dari dua klub yang dibelanya.

Dari 40 gol tersebut, lima gol diantaranya dicetak ke gawang Barcelona. Jumlah gol ini jauh lebih banyak ketimbang gol yang dicetak Gomez ke 18 klub La Liga lainnya, di mana angka ini sama dengan jumlah golnya ke gawang Real Sociedad.

Statistik menarik lainnya dari performa Gomez di laga ini adalah akurasi tembakannya. Pada laga ini, pemain berusia 23 tahun ini membuat total empat tembakan ke gawang Barcelona. Hanya satu dari empat tembakan itu yang tidak tepat sasaran.

Bahkan dua dari tiga tembakan yang tepat sasasarannya berhasil berbuah menjadi gol Valencia. Tiga poin yang didapatkan di Mestalla benar-benar membantu Valencia di klasemen La Liga, yakni naik ke peringkat kelima klasemen sementara.

Gomez pun terpilih menjadi man of the match pada pertandingan tersebut. Pada laga ini, pelatih Valencia memasang skema 4-4-2. Ia mengandalkan sosok Gomez dan Kevin Gameiro sebagai juru gedor mereka di laga ini.

Pada laga ini Valencia sebenarnya tidak begitu diunggulkan untuk menang. Namun, secara mengejutkan mereka bisa menang 2-0 atas tim asal Catalunya itu, di mana Gomez didapuk sebagai man of the match pertandingan ini.

Alasan mengapa Gomez didaulat menjadi man of the match di laga ini karena ia berperan besar dalam terciptanya kedua gol Valencia ke gawang Valencia.

Untuk gol pertama, Gomez adalah sosok yang menyepak bola ke arah gawang Barcelona, namun tembakannya itu mengenai badan Jordi Alba sehingga gol tersebut dihitung sebagai gol bunuh diri Alba.

Sementara gol kedua Valencia kali ini benar-benar menjadi milik sang striker setelah tembakan melengkungnya gagal dijangkau oleh Ter Stegen.

Jika melihat statistik Gomez, striker 23 tahun itu memang layak dinobatkan menjadi man of the match pertandingan ini. Pada laga ini Gomez melepaskan empat tembakan ke gawang Barcelona. Itu merupakan 50% lebih dari total tembakan Valencia di laga ini , mengingat Valencia total hanya melepaskan tujuh tembakan di laga ini.

Akurasi tembakan Gomez juga cukup hebat. Dari empat tembakan itu, tiga di antaranya tepat sasaran dan satunya menjauh dari gawang. Berkat kemenangan ini Valencia berhasil naik ke peringkat lima klasemen sementara La Liga. Sementara Barcelona tertahan di puncak klasemen La Liga.

Penulis: Valentino Verry
Editor: Valentino Verry
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved