Cawagub DKI

Melongok Kedai Kopi Bang Ancah di Bendungan Hilir yang Merupakan Kedai Kopi Milik Cawagub DKI

Meski lokasinya berada di dalam gang, siapa sangka jika kedai kopi ini merupakan milik salah satu Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Melongok Kedai Kopi Bang Ancah di Bendungan Hilir yang Merupakan Kedai Kopi Milik Cawagub DKI
Warta Kota/Joko Supriyanto
Nurmansjah Lubis tengah membuat kopi racikannya di kedai miliknya Kopi Bang Ancah di kawasan Benhil Jakarta Pusat. 

Di Jalan Bendungan Hilir Gang 2 No 5 RT 11/1 Bendungan Hilir, Tanah Abang, terdapat kedai kopi Bang Ancah, yang menyajikan berbagai jenis kopi dari seluruh kawasan di Indonesia.

Meski lokasinya berada di dalam gang, siapa sangka jika kedai kopi ini merupakan milik salah satu Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, yang akan mendampingi Anies Baswedan.

Beberapa waktu lalu, Wartakotalive.com mencoba mendatangi kedai kopi yang memiliki nama kedai kopi Bang Ancah ini, nama kedai ini diambil berdasarkan nama panggilan sang pemiliki yaitu Nurmansjah Lubis.

Tak sulit untuk menemukan lokasi kedai kopi ini, ketika berada di lokasi sudah terlihat papan yang bertuliskan Kopi Bang Ancah yang tergantung didepan pintu, tak hanya itu menariknya dinding depan kedai itu, terdapat mural mengenai nama-nama kopi Indonesia.

Warga Enggan Mengungsi Meski Sebagian Wilayah Kapuk Masih Terendam sebagai Dampak Pasang Air Rob

Meski tempatnya kecil, namun jenis kopi yang dijual di sana pun tak kalah banyak, ada beberapa jenis kopi Arabika dan Robusta yang di jual di sana mulai dari Gayo Wine, Gayo, Mandehiling, Garut, Ciwidey, Lintong, Papua serta jenis robusta Pagar Alam, Gunung Putri, Uluway dan jenis kopi lainnya.

Wartakotalive.com diberikan kesempatan untuk melihat calon nomor dua DKI ini meracik kopi buatannya, ia juga sempat bercerita mengenai kedai kopi yang ia bangun di samping tempat tinggalnya itu.

"Jadi ini awalnya setelah saya pensiun 2014 dari DPRD, ya binggung mau kegiatan apa gitu setelah pensiun, nah kebetulan kopi ini sedang naik daun. Saat itu saya sebenarnya gak begitu suka kopi, jadi dari nol saya mengenal jenis-jenis kopi ini," kata Nurmansjah Lubis, saat ditemui Wartakotalive.com, Kamis (23/1/2020).

Melihat peluang bisnis kedai kopi yang cukup hit saat itu, ia pun mencoba mempelajari jenis-jenis kopi, bahkan ia sempat belajar ke Pusat Penelitian Kopi dan Kakao di Jember, Jawa Timur untuk mengenai jenis kopi dari Arabika hingga Robusta.

Dugaan Corona Ditularkan Kelelawar dan Ular di Kala Derita Warga Wuhan yang Diisolasi Bertahan Hidup

Sejak dari sana, ia tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai kopi Indonesia, ia pun kembali belajar hingga ke Malabar bagaimana cara menanam dan memanen kopi, hingga akhirnya belajar menjadi barista.

"Karena saya sudah ada Ilmunya baru saya jualan. Kenapa jualan kopi Indonesia, karena kita itu punya jenis kopi banyak dari Sabang sampai Merauke ada. Makannya saya pilih kopi, kalo komiditi teh atau coklat kan peminatnya masih sedikit," katanya.

Sejumlah jenis kopi di kedai kopi milik Nurmansjah Lubis, Bang Ancah di kawasan Benhil Jakarta Pusat.
Sejumlah jenis kopi di kedai kopi milik Nurmansjah Lubis, Bang Ancah di kawasan Benhil Jakarta Pusat. (Warta Kota/Joko Supriyanto)
Halaman
1234
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved