Berita Video

VIDEO: Begini Proses Penggantian Identitas Nama di KTP

Namun, pemohon terlebih dahulu harus mengajukan permohonannya ke pengadilan negeri dari domisili wilayah yang tertera.

VIDEO: Begini Proses Penggantian Identitas Nama di KTP
Tangkap Layar Akun Instagram gebbyvesta
Hingga saat ini, identitas asli KTP Lucinta Luna, baik jenis kelamin di KTP Lucinta Luna dan nama asli Lucinta Luna di KTP tak berubah. 

- Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kasuin Dukcapil) Jakarta Selatan, Haris mengatakan, identitas seorang yang tercetat di Kartu Tanda Penduduk (KTP) dapat dirubah oleh sang pemilik atau pemohon.

Menurutnya, kebijakan itu dapat dikabulkan bila pemohon telah memenuhi syarat administrasi yang diperlukan dalam pergantian identitas itu.

Namun, pemohon terlebih dahulu harus mengajukan permohonannya ke pengadilan negeri dari domisili wilayah yang tertera.

"Misalkan nama ya, nama itu dimungkinkan seorang berubah. Tapi ini merupakan kewenangan pengadilan, pengadilan dimana dia domisili," ucap Haris di kantornya, Radio Dalam, Jakarta Selatan, Jumat (24/1/2020).

"Itu adalah haknya seorang untuk mengajukan dan si hakim juga mempunyai pertimbangan. Jadi tidak semua seseorang yang mengajukan penggantian nama itu dapat diputus oleh hakim," sambungnya.

Ia pun menjelaskan, keterlibatan pihaknya dalam hal ini hanya memberikan dokumen yang telah tercatat dan terdata di Sudin Dukcapil untuk persyaratan pengajuan dokumen pergantian ke pengadilan setempat.

Pasalnya, Sudin Dukcapil tidak dapat mengelurkan identitas pergantian yang baru bilamana pengadilan tak memberi surat putusan yang mengesahkan atasa asanya pergantian tersebut.

"Jadi kita setelah ada putusan PN, kita diperintahkan oleh PN untuk satu memberikan catatan pinggir pada akte kelahiran yang dimiliki semula apa, berdasarkan putusan pengadilan nomor berapa, tanggal berapa dan pengadilan mana, dan menjadi apa namanya," jelasnya.

Kendati demikian, Haris mengatakan, pencetakan arsip dapat dilakukan di kelurahan setempat.

Bila memang blanko pencetakan dokumen masih tersedia di kelurahan ataupun Sudin Dukcapil .

"Sepanjang persyaratan lengkap satu jam saja sudah kelar itu. Kalau misalkan dia ganti KTP, sepanjang ada blanko saat itu tersedia, kelar," tandasnya. (m23)

Penulis: Rizki Amana
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved