Berita Video

VIDEO: Cerita Briptu Ilham Sampai Terjun ke Jurang 10 Meter Kejar Bandar Ganja

"Setelahnya kami turun, disitu mungkin saya memang sudah kelelahan, saya tidak sadar yang saya pijak bukan batu melainkan tanah gembur," kata Ilham.

VIDEO: Cerita Briptu Ilham Sampai Terjun ke Jurang 10 Meter Kejar Bandar Ganja
DESY SELVIANY
Banit II Sat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat Briptu Ilham Maulana kisahkan capai ladang ganja 5 hektar di Mandailing, Sumatera Utara. 

Briptu Ilham Maulana mengakui medan tempur di kawasan Simpang Pahu, Desa Banjar Lancat, Penyambungan Timur, Maindaling Natal, Sumatera Utara tidaklah mudah. Harta pengedar narkoba kelas kakap tersembunyi dibalik bukit dan lembah-lembah curam.

Nyawa taruhannya untuk mencapai ladang ganja seluas 5 hektar tersebut. Selain diburu hewan buas, seorang anggota polisi dari Polres Metro Jakarta Barat Briptu Ilham Maulana sampai terporosok ke jurang sedalam 10 meter.

Pada Sabtu (18/1/2020) Ilham berangkat bersama tim gabungan Polda Metro Jaya dan Polda Sumatera Utara.

Banit II Sat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat itu berangkat sedari Pukul 07.00 WIB. Disana mobil hanya dapat mengjangkau Pos 1 Desa Banjar Lancat. Jaraknya dari Mandailing sekitar 4 jam menggunakan mobil Jeep.

Sisanya mereka harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki selama 4 jam. Medan yang ditempuh juga tidak mudah. Hutan lebat yang dipenuhi lumut itu memiliki jalur tanjakan dan turunan yang curam.

Berbagai bukit dan sungai harus dilalui oleh tim Satreskrim Narkoba Polres Metro Jakarta Barat. Beberapa kali Ilham mengaku sempat terjatuh saat melintasi anak sungai.

"Saya akui memang medannya tidak sembarangan, saya saja saat berangkat terjatuh beberapa kali, banyak lumut di pijakan-pijakan hutan tersebut," kata Ilham ditemui di ruangannya di Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (23/1/2020) siang.

Sesampai di ladang ganja perjuangan mereka belum berakhir. Aparat juga harus mengitari dan memastikan ladang ganja seluas 5 hektar tersebut.

Ladang ganja terletak di puncak tertinggi hutan. Hal inilah yang membuat polisi sulit mencium keberadaan lahan ganja tersebut.

"Saya akui hampir semua ganja yang ditanam disana tumbuh subur, berhektar-hektar pemandangan hanya disuguhi tanaman ganja," kata Ilham.

Halaman
12
Penulis: Desy Selviany
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved