Breaking News:

Buktikan Tak Ada Paksaan Mengenakan Jilbab Tertutup, Alissa Wahid Posting Potret Tokoh Perempuan NU

Buktikan tidak ada paksaan mengenakan jilbab tertutup, Alissa Wahid posting potret tokoh perempuan Nahdlatul Ulama (NU) yang mengenakan jilbab terbuka

Penulis: | Editor: Dwi Rizki
Twitter @azizkomputer
Tokoh Perempuan NU 

Perdebatan tentang hukum mengenakan jilbab bagi muslimah kian viral di masyarakat.

Berbagai pendapat dituliskan mengenai hukum mengenakan jilbab, termasuk pendapat Nahdlatul Ulama (NU) tentang pemakaian jilbab.

Membuktikan ajaran NU yang tidak memaksakan mengenakan jilbab tertutup kepada pengikutnya, putri KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Alissa Wahid mengunggah potret sejumlah tokoh perempuan NU.

Potret tersebut diunggah ulang Alissa lewat akun twitternya @AlissaWahid; pada Selasa (21/1/2020).

Tokoh tersebut antara lain, Istri kedua KH Mohammad Hasyim Ashari, yakni Nyai Masruroh Hasyim; Istri KH Bisri Syansuri Pendiri NU, Nyai Nur Khodijah Wahhab.

Selain itu, Nyai Solihah Bisri, Istri KH Wahid Hasyim sekaligus ibunda Gus Dur dan Nyai Hajjah Sadiyyah Rahma, Istri Kyai Abdul Wahab Chasbullah.

Potret tersebut diunggah Alissa berasal dari unggahan Abdul Aziz
lewat akun @azizkomputer.

"Bu Nyai penuh suri tauladan. Al Fatihah kagem (kangen) beliau-beliau," tulis Abdul Aziz.

Walau pertentangan kembali ditorehkan, tidak ada pembelaan ataupun penjelasan yang dituliskan Alissa terkait pemakaian jilbab para tokoh perempuan NU tersebut.

Postingan terakhirnya berupa pemaparan tentang pernyataan ibunya Sinta Nuriyah Wahid yang menyebutkan wanita muslim tidak diwajibkan untuk berjilbab.

"Eh mumpung inget. Kalau ada yang sering mengajak menyesat-sesatkan yang lain, hati-hati ya twips. Ada kepentingan politik identitas di balik gerakan penyesatan. Bukan soal ibadah," tulis Alissa.

"Alhamdulillah. Kita jadi belajar soal berbagai pandangan tentang jilbab. Kita jadi belajar untuk berdebat tanpa saling menghakimi apalagi bawa polisi. Kita jadi belajar untuk berbeda tapi tetap bersaudara," tambahnya.

Walau memicu prokontra, postingan Alissa terlihat mendapatkan banyak dukungan.

Salah satunya Asty Haney Fanany. Lewat akun @AstyHaneyFanany, Asty mengungkapkan neneknya dan keluarga ibunya seringkali mengikuti pengajian di Pondok Pesantren NU.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved