Breaking News:

Pendidikan

Gelar Presentasi dan Pameran Karya Ilmiah, SMA Kolese Kanisius Jakarta Menuju Konsep Merdeka Belajar

Selain presentasi karya ilmiah, kegiatan ini juga diikuti dengan pameran produk hasil karya ilmiah para siswa kelas XII SMA Kanisius Jakarta.

Wartakotalive.com/Mochammad Dipa
SEORANG Siswa kelas XII SMA Kolese Kanisius Jakarta tengah mempresentasikan karya penelitian ilmiah bersama kelompoknya di depan guru penguji, orangtua, para siswa SMA Kanisius, dan tamu undangan di Sekolah Kolose Kanisius Jakarta, Senin (20/1/2020). 

Presentasi karya penelitian ilmiah ini menjadi bagian dari eksibisi pengalaman belajar (Exhibitions of Learning Experience) siswa untuk menuju puncak pengalaman dari konsep Merdeka Belajar Mendikbud Nadiem Makarim.

SMA Kanisius Jakarta menggelar presentasi research paper atau presentasi karya penelitian ilmiah yang diikuti oleh para siswa kelas 12 (kelas 3 SMA) jurusan IPA dan IPS.

Kegiatan presentasi karya penelitian ilmiah SMA Kolese Kanisius ini diselenggarakan pada tanggal 20-23 Januari 2020 di Sekolah Kolese Kanisius Jakarta Jalan Menteng Raya no. 64, Jakarta Pusat.

Selain presentasi karya ilmiah, kegiatan ini juga diikuti dengan pameran produk hasil karya ilmiah para siswa.

Lewati Hadangan Kolese Kanisius, SMAN 71 Sukses ke Partai Puncak DBL Jakarta Championship 2019

Seminari St Vincentius a Paulo Garum Belajar Creative Writing dan Speed Reading Bersama PGU

Gandeng Unika Musi Charitas dan PGU, Seminari Menengah St Paulus Palembang Gelar LDK

Kepala SMA Kolese Kanisius Pater Eduard C Ratu Dopo SJ mengatakan, presentasi karya penelitian ilmiah ini menjadi bagian dari eksibisi pengalaman belajar (Exhibitions of Learning Experience) siswa untuk menuju puncak pengalaman dari konsep Merdeka Belajar Mendikbud Nadiem Makarim.

“Kami (SMA Kanisius Jakarta) mendefinisikan tentang Merdeka Belajar, yakni sebuah passion atau hasrat untuk menggali sesuatu ilmu yang keluar dari sebuah concern keprihatinan,” ungkap Pater Eduard kepada Wartakotalive.com, Senin (20/1/2020).

Ia menyebutkan, kegiatan presentasi ini dilakukan oleh 231 siswa kelas 12 yang dibagi dalam 77 kelompok karya tulis.

Ikatan Alumni Seminari Stella Maris Gelar Lomba Futsal

Tak Sekadar Reuni, Alumni Tilik Merto Gelar Diskusi Bertajuk Tantangan Beragama dan Berdemokrasi

Kepala SMA Kolese Kanisius Jakarta Pater Eduard C Ratu Dopo SJ membuka pameran dan presentasi karya penelitian ilmiah siswa kelas XII (kelas III SMA) yang berlangsung dari tanggal 20-23 Januari 2020 di Sekolah Kolese Kanisius Jakarta, Senin (20/1/2020).
Kepala SMA Kolese Kanisius Jakarta Pater Eduard C Ratu Dopo SJ membuka pameran dan presentasi karya penelitian ilmiah siswa kelas XII (kelas III SMA) yang berlangsung dari tanggal 20-23 Januari 2020 di Sekolah Kolese Kanisius Jakarta, Senin (20/1/2020). (Wartakotalive.com/Mochammad Dipa)

Dari 77 kelompok ini terdapat 19 kelompok dari Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan 58 kelompok dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

“Dari 77 kelompok ada 77 topik. Semua karya ilmiah tersebut diuji di depan para guru pembimbing, orangtua siswa dan teman-teman mereka. Karya tulis ini akan menambah nilai. Ini bobot 50 persen di ujian sekolah,” jelas Pater Eduard. 

Karakter diri siswa

Lebih lanjut dipaparkan, pihak sekolah sudah membekali para siswa untuk membuat karya ilmiah dimulai dari kelas 11 dengan orientasi tema terlebih dahulu.

Kemudian di kelas 12, siswa mulai membuat kelompok dan memilih tema karya ilmiah yang ingin dibuat.

Ia menilai, bahwa proses dari pembuatan karya ilmiah ini ditujukan untuk melihat karakter diri siswa.

Halaman
123
Penulis: Mochammad Dipa
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved