Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Janji Memberi Rekomendasi bagi Pesepak Bola Nasional yang Mumpuni

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan janji promosi kepada para pesepak bola nasional yang ingin merumput di Liga Korea Selatan.

Shin Tae-yong Janji Memberi Rekomendasi bagi Pesepak Bola Nasional yang Mumpuni
Shutterstock via KOMPAS.COM
Shin Tae-yong 

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan janji promosi kepada para pesepak bola nasional yang ingin merumput di Liga Korea Selatan (K-League). Asalkan, kemampuan sang pemain mumpuni.

K-League merupakan salah satu kompetisi terbaik yang ada di benua Asia. Para pesepak bola berbakat berlomba-lomba tampil di sana. Kesempatan para pemain Indonesia, untuk merasakan bermain di K-League, terbuka lebar. Selain kedatangan Shin Tae-yong, yang merupakan sosok asal Korea Selatan, ada slot khusus untuk pesepakbola asal Asia Tenggara.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tiba di Kantor PSSI, Kamis (9/1/2020).
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tiba di Kantor PSSI, Kamis (9/1/2020). (TribunJakarta/Wahyu Septiana)

Saat ini, K-League memiliki kebijakan tiap klub merekrut lima pemain asing. Detailnya satu pemain berasal dari negara Asia, satu dari ASEAN dan tiga sisanya bebas dari mana saja.

Tae-yong tak segan memberikan rekomendasi untuk para pemain Indonesia tampil di K-League. Asalkan, mereka betul-betul memilki kemampuan bersaing dengan pesepak bola yang berasal dari negara lainnya.

"Jujur baru satu minggu jadi pelatih Indonesia, jadi belum bisa komentar apa-apa sebenarnya. Tapi kalau bisa meningkatkan kemampuan para pemain pasti saya merekomendasikan pemain pergi ke K-League karena di sana bisa banyak belajar," kata Tae-yong dikutip dari Goal.

Setelah memantau seleksi Timnas Indonesia U-19, yang digelar pekan lalu di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, para pemain Tanah Air, memiliki kualitas yang mumpuni. Hanya saja, masalah fisik masih jadi kendala.

Maka dari itu, pria berusia 50 tahun tersebut bakal memperbaiki kekurangan tersebut. Ia percaya dengan kontraknya yang berdurasi empat tahun dapat membuat anak asuhnya tampil semakin gemilang.

"Jujur untuk perkembangan belum bisa dilihat karena ini baru untuk seleksi jadi hanya diadakan pertandingan saja dan memang tidak diajarkan apa-apa," ujarnya.

"Tapi saya merasakan hari pertama memang tidak bagus, hari kedua dan berikutnya mulai membaik, jadi ada harapan," tambahnya.

Saat ini Tae-yong bersama sejumlah staf kepelatihan serta 28 pemain Timnas Indonesia U-19, sedang bertolak ke Thailand. Nantinya, mereka bakal melakoni pemusatan latihan lanjutan sekaligus uji coba di negara tersebut.

Halaman
123
Penulis: Valentino Verry
Editor: Valentino Verry
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved