Breaking News:

Banjir Jakarta

Jokowi: Mau Normalisasi Mau Naturalisasi, Sungai di Jakarta Harus Dilebarkan dan Harus Dikerjakan

Jokowi: Mau Normalisasi Mau Naturalisasi, Sungai di Jakarta Harus Dilebarkan dan Harus Dikerjakan

twitter @jokowi
Jokowi tinjau proyek sodetan Kali Ciliwung. Ia meminta semua satu visi soal penanganan banjir Jakarta. Mau naturalisasi mau normalisasi sungai harus dilebarkan dan dikerjakan 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pentingnya kerja sama yang baik antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dalam penanganan banjir.

Menurut Jokowi, pemerintah pusat saat ini sedang menangani persoalan di hulu dengan menyelesaikan dua bendungan Sukamahi dan Cimahi, serta melakukan rehabilitasi hutan.

"Di Jakarta ada 14 sungai, Pasanggarahan, Buaran, Sunter, dan lain-lain, Semuanya perlu dilebarkan. Semuanya mesti satu visi sekarang," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Pelaksanaan Normalisasi Sungai Ciliwung 2020 Masih Terkendala Pembebasan Lahan

Kementerian PUPR Akan Gelontorkan Dana Rp 4 Triliun Normalisasi DAS Wilayah Bogor Hingga Bekasi

Menurut Jokowi, masterplan penanganan banjir untuk Jakarta sudah ada dan tidak perlu lagi memunculkan ide-ide baru.

"Masterplan sudah ada, sungai semua dilebarkan. Harus dilabarkan, teknisnya mau normalisasi atau naturalisasi silakan, tapi dilebarkan, semua sungai itu yang tengah," ujar Jokowi.

Sementara pada bagian hilir, kata Jokowi, perlu memperbanyak waduk-waduk dan pompa pembuangan untuk menghadapi banjir rob.

"Pembagian tanya Kementerian PUPR, pembangunan bertahap tapi harus segera dilakukan, dulu dibangun Banjir Kanal Barat, Kanal Timur, normalisasi Ciliwung, Pasanggrahan, silakan yang penting segera dikerjakan di lapangan," kata Jokowi.

 RSUD Wilayah Timur Depok di Jalan Raya Tapos Siap Dibangun Tahun Ini

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta Pemprov DKI Jakarta menjalankan program naturalisasi Sungai Ciliwung, untuk mencegah luapan air ke permukiman.

"Buat saya mau naturalisasi, mau normalisasi, dikerjakan gitu."

Halaman
1234
Editor: Wito Karyono
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved