Berita Video

VIDEO: Suriah Kembali Bergejolak Di Musim Dingin, ACT Gelar Gerakan Bersama Bela Bumi Syam

Sedangkan, untuk warga yang keluarga dari wilayah konflik di Idlib, Suriah telah tercatat 350 ribu jiwa sejak 2019 hingga Januari 2020.

Warta Kota
Konferensi pers gerakan Bela Bumi Syam Suriah yang digagas oleh ACT. (Warta Kota/Rizki Amana) 

Konflik Suriah yang terjadi sejak 2011 silam, telah memakan ratusan ribu jiwa warganya. 

Menurut data United Nations Office for The Coordination of Humanitarian Affairs (UN OCHA) dan Jaringan Suriah unuk Hak Asasi Manusia (SNHR) perang tersebut telah memakan lebih dari 380 ribu koban jiwa sejak 2011 hingga 2019.

Sedangkan, untuk warga yang keluarga dari wilayah konflik di Idlib, Suriah telah tercatat 350 ribu jiwa sejak 2019 hingga Januari 2020. 

Tentu hal ini merupakan krisis kemanusiaan yang terjadi di negara Suriah, oleh karenanya Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengajak semua elemen masyarakat Indonesia untuk dapat meringankan beban bagi masyarakat Suriah dalam gerakan Bersama Bela Bumi Syam Suriah. 

President ACT, Ibnu Khajar mengatakan, kondisi yang sangat parah kini telah melanda Suriah.

Hal itu ditambah, lokasi pengungsian warga yang berada di perbatasan Suriah dan Turki di Provinsi Barat Laut, Idlib sedang memasuki  musim dingin atau salju.

"Menjelang musim dingin, Suriah menjadi daerah yang semakin menyedihkan setiap harinya. Jika hujan, air genangan akan masuk ke kamp-kamp warga," kata Ibnu Khajar dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Menara 165, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (17/1/2020).

Dari sejumlah relawan ACT yang diterjunkan ke Suriah, pihaknya mengatakan bantuan dalam segalan bentuk sangat dibutuhkan oleh para warga sipil yang terdampak konflik tersebut. 

Sebabnya, Ia berharap agar gerakan ini dapat mengurangibbeban maupu krisis kemanusiaan yang sedang dialami oleh masyarakat Suriah. 

"Ini menjadi tugas kita untuk menolong saudara-saudara yang kesusahan. Jangan biarkan mata kita tertutup, dan enggan membagikan kebahagiaan utuk saudara-saudara kita di Suriah sana," tandasnya. (m23)

Penulis: Rizki Amana
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved