Berita Video

VIDEO : Pesawat Rakitan Montir Tamatan SD Bisa Terbang, Melayang 20 Meter Hingga Dua Kali Bermanuver

Pesawat rakitan seorang montir amatir di Kelurahan Pallameang, Pinrang, Sulawesi Selatan mampu terbang

Perasaan Chaerul, montir amatir di Kelurahan Pallameang, Pinrang, Sulawesi Selatan, campur aduk saat melihat pesawat rakitannya bisa melayang ke udara.

Ya, perjuangan Chaerul bertahun-tahun merakit pesawat akhirnya terbayarkan pada hari Rabu (15/1/2020) kemarin di Pantai Langga, Sulsel.

Setelah mendarat dengan selamat, Chaerul pun mengakui satu hal yang membuat dirinya bertekad merakit pesawat.

"Yang membuat saya terus semangat adalah obsesi saya ingin menaiki pesawat terbang. Sejak kecil belum pernah naik pesawat," kata Chaerul usai uji terbang.

VIDEO : Pemerintah Bakal Hapus Subsidi LPG 3 Kilogram, Harga Perkilo Bakal Setara LPG 12 Kilogram

VIDEO : Pesan Presiden Jokowi Ke Sandiaga Uno di Pelantikan Pengurus HIPMI ; Hati-Hati 2024

Dalam uji terbang tersebut, pesawat rakitan Chaerul berhasil melayang setinggi 20 meter dan sempat bermanuver dua kali. Aksi tersebut juga disaksikan banyak warga yang datang ke Pantai Langga.

"Setelah melakukan beberapa perbaikan dan perubahan posisi mesin. Akhirnya pesawat saya bisa terbang." Kata Chaerul usai menerbangkan pesawatnya, Rabu (15/1/2020).

Seperti diberitakan sebelumnya, Chaerul merakit pesawat jenis ultralight dengan menggunakan beberapa barang bekas.

Untuk mesin penggeraknya, Chaerul menggunakan mesin motor rakitannya sendiri.

"Pesawat dicoba terbang dengan landasan pasir pantai. Saya terbang dengan perasaan waswas dan juga senang," ujar montir yang hanya lulusan SD tersebut.

VIDEO : Presiden Jokowi Targetkan RUU Omnibus Law Diajukan ke DPR Minggu Ini

Pesawat rakitan Chaerul sejatinya pernah diuji coba terbang di Lapangan Malimpung, Kecamatan Patang Panua, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, pada Minggu (1/12/2019).

Namun, saat itu pesawat Chaerul gagal terbang. Salah satu penyebabnya adalah kelihaian Chaerul menerbangkan pesawat.

"Dari hasil uji terbang, kami akan melakukan revisi. Uji coba tadi yang gagal terbang, termasuk pada Chaerul jadi pilot, belum terlalu menguasai cara terbang pesawat," kata Halid, mantan penerjun Kopassus Kapten Halid, yang selalu mendampingi Chaerul.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pesawat Rakitan Montir Bisa Terbang, Chaerul: Sejak Kecil Belum Pernah Naik Pesawat", https://regional.kompas.com/read/2020/01/16/14000051/pesawat-rakitan-montir-bisa-terbang-chaerul--sejak-kecil-belum-pernah-naik?page=all#page2.

Editor: Muhamad Rusdi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved