Berita Video

VIDEO: Pelapor Dugaan Pemerasan Rp 1 Miliar Oleh Kasat Reskrim Jelaskan Duduk Perkara

"Dalam pemeriksaan tadi, saya meluruskan isu yang berkembang dan tidak benar, bahwa AKBP Andi Sinjaya telah memeras saya Rp 1 Miliar.

Warta Kota
Budianto Tahapary, pelapor yang menimbulkan dugaan isu diperas Rp 1 Miliar oleh Kasat Reskrim Polresta Jaksel 

Budianto Tahapary, pelapor yang menimbulkan dugaan isu diperas Rp 1 Miliar oleh Kasat Reskrim Polresta Jaksel AKBP Andi Sinjaya, diperiksa Propam Polda Metro Jaya, Rabu (15/1/2020) siang.

Budianto diperiksa selama 5 jam dan dicecar 17 pertanyaan. Ia diperiksa dengan didampingi kuasa hukumnya, sejak pukul 10.30 dan rampung sekira pukul 14.30.

"Dalam pemeriksaan tadi, saya meluruskan isu yang berkembang dan tidak benar, bahwa AKBP Andi Sinjaya telah memeras saya Rp 1 Miliar. Sebenarnya itu tidak ada, yang mencoba memeras saya adalah saudara Alex yang mengaku sebagai pengacara dan mengaku kenal banyak petinggi polri termasuk Pak Kasat," kata Budianto kepada wartawan, usai menjalani pemeriksaan, Rabu sore.

Menurutnya, Alex mendekatinya dan mengaku bisa menyelesaikan perkara yang dialaminya di kepolisian.

Adapun perkara yang dilaporkan Budianto adalah perusakan di sebidang lahan di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan. Kasus itu dilaporkannya pada Maret 2018 dan sudah dinyatakan lengkap oleh kejaksaan (P21) dengan menetapkan 2 tersangka.

Namun tersangka belum ditangkap polisi sehingga tak dapat dilimpahkan ke kejaksaan. "Lalu saudara Alex ini mengaku bisa menuntaskan perkara saya. Apalagi ia mengaku advokat dan profil WhatsApp nya ia berfoto dengan petinggi Polri. Karenanya saya percaya saja," kata Budianto.

Apalagi kata Budianto kasus yang dllaporkannya itu sudah berjalan cukup lama.

"Karena perkara ini sudah cukup lama, ada beberapa makelar kasus dab menawarkan saya bahwa mereka dapat membantu dari atas sampai ke bawah. Diantaranya Alex ini dan membuat saya percaya," kata Budianto.

Melalui sambungan telepon kata Budianto, pada Desember 2019, Alex meminta uang Rp 1 Miliar, jika ingin perkaranya tuntas dan dua tersangka ditahan serta dilimpahkan ke kejaksaan.

Dalam pembicaraan itu kata Budianto, Alex menuturkan dana itu diminta oleh Kasat Reskrim AKBP Andi Sinjaya.

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved