Berita Video

VIDEO: Siswa SMK di Depok Diberikan Edukasi Hukum Ketenagakerjaan

Nantinya, LBH Laskar akan menyatroni seluruh SMK yang ada di Kota Depok untuk mendapatkan materi yang sama.

VIDEO: Siswa SMK di Depok Diberikan Edukasi Hukum Ketenagakerjaan
Warta Kota/Vini Rizki Amelia
Siswa siswi SMK 1 Perintis mengikuti Diskusi Hukum Ketenagakerjaan Bersama LBH Laskar di ruang kelas SMK 1 Perintis, Jalan Siliwangi, Pancoran Mas, Depok, Selasa (14/1/2020). 

Meningkatnya investasi di Indonesia tentu akan berbanding lurus dengan banyaknya penyerapan tenaga kerja.

Oleh karenanya, pemerintah diharapkan bukan hanya sekedar mengawasi dan menindak namun juga perlu mengedukasi agar masyarakat dapat memertahankan haknya.

Ini pula yang menjadi salah satu alasan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Laskar mengadakan acara diskusi bertema Diskusi Hukum Ketenagakerjaan Bersama LBH Laskar.

Dalam seminarnya ini, LBH Laskar menitik beratkan pada siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memang disiapkan sejak awal untuk bekerja setelah lulus sekolah.

"Kehadiran kami ini untuk mengedukasi kawan-kawan, bila hak-hak mereka tidak terpenuhi sebagai karyawan maka mereka tahu harus kemana, di sinilah kami hadir," papar Ketua Pelaksana Acara dari LBH Laskar, Muhammad Bismar MH Tawari seusai seminar di SMK 1 Perintis, Jalan Siliwangi, Pancoran Mas, Depok, Selasa (14/1/2020).

Dalam diskusi tersebut, turut hadir Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Sosial (Disnakersos) Kota Depok, Manto yang juga mengisi materi.

LBH Laskar memaparkan beragam persoalan yang akan ditemui para siswa siswi dalam dunia kerja.

"Bagaimana persoalan industrial diselesaikan sampai ke tingkat pengadilan, kasasi dan lain-lainnya. Bila nantinya mereka menemui hal tersebut mereka sudah tahu harus ke mana," kata Bismar.

Diskusi ini dikatakan Bismar sebagai titik awal pihaknya dalam memersiapkan para calon-calon pekerja sehingga tak lagi dijumpai adanya kasus-kasus yang melibatkan pekerja lantaran tak mengetahui hak ataupun kewajibannya.

Sebagai contoh, Bismar mengatakan, ketika para siswa ini lulus lalu kemudian bekerja, mereka akan dihadapkan pada kontrak kerja yang kebanyakan mereka langsung menandatangi tanpa mengetahui secara rinci pasal di dalamnya.

Halaman
12
Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved