Hukum dan Kriminal

Hubsch Clinic Digerebek Polisi, Kasudinkes: Pemiliknya, Dokter OH, Hanya Kantongi Izin Praktik Umum

KEPALA Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan Dr Helmi memastikan klinik Hubsch Clinic di wilayah Kemang yang digerebek polisi, tidak terdaftar.

Hubsch Clinic Digerebek Polisi, Kasudinkes: Pemiliknya, Dokter OH, Hanya Kantongi Izin Praktik Umum
Wartakotalive.com/Feryanto Hadi
PINTU Klinik Kesehatan Hubsch Clinic yang terletak di Ruko Bellepoint, Jalan Kemang Selatan VIII, Jakarta Selatan masih disegel dengan garis polisi, Selasa (14/1/2020), setelah digerebek pihak berwajib pada Sabtu (11/1/2020) lalu. 

Dr OH yang diketahui sebagai pemilik klinik ilegal itu mempunyai izin praktek sebagai dokter umum, tanpa kompetensi di bidang suntik sel punca.

KEPALA Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan dr Helmi memastikan klinik Hubsch Clinic di Ruko Bellepoint, Jalan Kemang Selatan VIII yang digrebek polisi pada Sabtu lalu lantaran melakukan praktik suntik sel punca atau stem cell ilegal, tidak terdaftar di pihaknya.

"Kalau soal perizinan klinik kecantikan kan pertama melalui PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu), kemudian PTSP menyerahkan dokumen ke kami dan ada tim yang melakukan verifikasi ke lapangan," ujar Kasudinkes Jakarta Selatan Dr Helmi dihubungi Wartakotalive.com, Selasa (14/1/2020).

 Gerebek Klinik Kesehatan di Kemang, Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Praktik Stem Cell Ilegal

 Klinik Suntik Sel Punca Ilegal di Kemang yang Digerebek Polisi Jadi Buruan Artis dan Sosialita

"Kalau memenuhi syarat, nanti ada namanya surat rekomendasi. Nah, untuk klinik (Hubsch Clinic) itu tidak terdaftar di kami," imbuhnya.

Ia menyebut, untuk Dr OH yang diketahui sebagai pemilik klinik ilegal itu mempunyai izin praktek sebagai dokter umum.

Namun, kenyatannya, tanpa kompetensi di bidang suntik sel punca, ia menjalankan praktik itu. Sehingga selain melanggar hukum, ia juga menyalahi kode etik profesi.

"Ya dokternya izin tapi praktek umum biasa," ungkapnya.

 Di Klinik Kecantikan DMK, dengan Enzim Wanita Bisa Cantik Tanpa Merasa Sakit, Tak Ada Efek Samping

 Ini yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Klinik Kecantikan

Klinik-klinik ilegal

Saat ditanya soal pengawasan klinik-klinik ilegal di wilayahnya, dr Helmi tidak memberikan jawaban secara detail.

Ia hanya membenarkan salah satu fungsi Suku Dinas Kesehatan memang mengawasi beroperasinya klinik-klinik kesehatan.

Dr Helmi tak menjelaskan lagi saat ditanya apakah pihaknya kecolongan dengan adanya klinik ilegal itu. Sambungan telepon mendadak mati dan ia tak lagi mengangkat telepon.

TAMPAK depan Klinik Kecantikan Hubsch Clinic yang terletak di Ruko Bellepoint, Jalan Kemang Selatan VIII, Jakarta Selatan, Selasa (14/1/2020), setelah digerebek polisi pada Sabtu (11/1/2020) lalu.
TAMPAK depan Klinik Kecantikan Hubsch Clinic yang terletak di Ruko Bellepoint, Jalan Kemang Selatan VIII, Jakarta Selatan, Selasa (14/1/2020), setelah digerebek polisi pada Sabtu (11/1/2020) lalu. (Wartakotalive.com/Feryanto Hadi)

Diatur oleh Permenkes 

Halaman
1234
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved