Otomotif

Punya Mobil Ngga Punya Garasi Didenda Rp 2 Juta, Bukan Rp 20 Juta, Pahami Aturan Parkir Mobil Ini

PEMERINTAH Kota Depok bakal menerapkan aturan terkait pemilik kendaraan roda empat yang tak memiliki garasi.

Punya Mobil Ngga Punya Garasi Didenda Rp 2 Juta, Bukan Rp 20 Juta, Pahami Aturan Parkir Mobil Ini
Google.co.id
ILUSTRASI Mobil parkir di dalam sebuah garasi 

"Warga yang memiliki mobil namun tidak memiliki garasi akan dikenakan denda administratif sebesar Rp 2 juta. Bukan Rp 20 juta..."

Aturan mengenai perparkiran sebenarnya telah tertuang dalam Pasal 275 ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

PEMERINTAH Kota Depok bakal menerapkan aturan terkait pemilik kendaraan roda empat yang tak memiliki garasi.

Di Kota Depok, pemilik mobil yang tak memiliki garasi bakal dikenakan denda hingga Rp 2 juta. Secara aturan, sudah tertuang dalam undang-undang di Indonesia.

Peraturan ini tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Bidang Perhubungan yang telah direvisi oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok beberapa waktu lalu.

"Sehingga, warga yang memiliki mobil namun tidak memiliki garasi akan dikenakan denda administratif sebesar Rp 2 juta. Bukan Rp 20 juta. Implementasinya, dibutuhkan waktu dua tahun," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Dadang Wihana saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Resmi, Pemilik Mobil yang Tak Punya Garasi di Depok Didenda Rp 20 Juta, Perda Baru Tuai Kontroversi

VIDEO : Raperda Garasi Disahkan, Begini Langkah Yang Dilakukan Pemkot Depok

Perda Soal Garasi Mobil, Sebagian Warga Depok Dukung, Ada Juga yang Nyinyir: Emangnya Beli Baju!

Belum maksimal

Lalu bagaimana di Ibu Kota?

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan, sebenarnya di Jakarta sudah ada aturan serupa. Namun, eksekusinya belum maksimal.

"Iya betul, belum jalan (aturan kepemilikan garasi bagi warga yang punya mobil)," katanya saat ditemui di Balai Kota, Jakarta, beberapa waktu lalu.

"Kendalanya itu, warga memanfaatkan jalan lingkungan pada malam hari dan tidak ada laporannya. Meski demikian, kami rutin lakukan operasi bagi yang memarkirkan mobil secara liar," kata Syafrin.

Sejumlah kendaraan milik warga Jalan Setiakawan, Kel Duri Pulo, Kec Gambir, Jakarta Pusat, diparkir pemiliknya di tepi jalan arteri Kali Duri, Rabu (21/9). Pemprov DKI Jakarta berencana akan menertibkan sejumlah kendaraan milik warga yang diparkir sembarangan di pinggir jalan karena pemiliknya tak mempunyai garasi untuk menyimpan kendaraannya.
Sejumlah kendaraan milik warga Jalan Setiakawan, Kel Duri Pulo, Kec Gambir, Jakarta Pusat, diparkir pemiliknya di tepi jalan arteri Kali Duri, Rabu (21/9). Pemprov DKI Jakarta berencana akan menertibkan sejumlah kendaraan milik warga yang diparkir sembarangan di pinggir jalan karena pemiliknya tak mempunyai garasi untuk menyimpan kendaraannya. (Warta Kota/Nur Ichsan)

Aturan tentang parkir

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved