Breaking News:

Banjir Jakarta

Dinas SDA DKI Targetkan 118 Bidang Lahan di sekitar Sungai Ciliwung Dibebaskan April

DINAS Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menargetkan proses pembebasan 118 bidang lahan di Sungai Ciliwung.

warta kota
Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar, tengah meninjau Sungai Ciliwung di Kampung Pulo, Jatinegara, Jakarta Timur 

DINAS Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menargetkan proses pembebasan 118 bidang lahan di Sungai Ciliwung wilayah setempat bakal rampung pada Maret dan April 2020 mendatang.

Saat ini dinas teknis kembali menginventarisir bidang tanah yang sedianya akan dibebaskan pada 2019 lalu namun terkendala efisiensi anggaran.

“Untuk pembebasan lahan sedang kami inventaris lagi nih, apabila surat lengkap yah harus dibayar. Kemungkinan Maret-April 2020,” kata Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Juaini Yusuf di Balai Kota DKI pada Senin (13/1/2020).

Sudin Pendidikan Jaktim Gencar Cari CSR Untuk Murid dan Sekolah Korban Banjir

Juaini mengatakan, 118 bidang lahan yang akan dibebaskan berada di empat kelurahan, yaitu Pejaten Timur, Tanjung Barat, Cililitan dan Balekambang. Dana pembebasannya diperoleh dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI 2020 sekitar Rp 160 miliar.

Namun demikian, biaya tanah yang akan dibayarkan berpotensi naik karena menyesuaikan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) tanah. Adapun anggaran sebesar Rp 160 miliar yang dialokasikan pemerintah itu adalah taksiran pada 2019 lalu.

“Ada tim appraisal dan Pemprov DKI, anggaran 118 bidang lahan Rp 160 miliar dan bisa nambah sambil sekarang kami kita inventarisir lagi sambil bebaskan lahan,” ujarnya.

Menurut dia, pembebasan lahan 118 bidang tanah itu sebetulnya dilakukan pada 2019 lalu. Namun karena terkendala defisit anggaran akibat dana bagi hasil (DBH) Rp 6,4 triliun dari pemerintah pusat ditunda, DKI kemudian merasionalisasi APBD.

Kapten Begal di Bekasi Usia 15 Tahun Ditangkap Polisi, Putus Sekolah hingga Yatim Piatu

Tahun ini Pemprov DKI telah mengalokasikan dana sekitar Rp 669 miliar untuk rencana pembebasan lahan di sejumlah titik. Pembebasan lahan itu tidak hanya untuk proyek normalisasi Sungai Ciliwung, tapi juga ada rencana pembangunan waduk di berbagai wilayah Jakarta.

“Seperti pembangunan Waduk Dukuh Atas Rp 84 miliar, Lebak Bulus Rp 37 miliar, tambahan fasilitas di Waduk Pondon Ranggon Rp 10 miliar dan sebagainya,” jelasnya. 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved