Tiga Desa di Sukajaya Kabupaten Bogor Masih Terisolir, Bantuan Logistik Dikirim Melalui Jalur Udara

Yani mengaku kewalahan karena bencana yang melanda Kabupaten Bogor ini ternyata adalah cukup luar biasa.

Tiga Desa di Sukajaya Kabupaten Bogor Masih Terisolir, Bantuan Logistik Dikirim Melalui Jalur Udara
(Fotografer pribadi Presiden Agus Suparto)
Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi pakai jas hujan kresek, saat Jokowi mendadak tinjau longsor di Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/1/2020). 

Tiga desa di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, hingga Kamis (9/1) adalah masih terisolir menyusul bencana banjir dan longsor yang menerjang wilayah ini di awal Januari 2020 lalu.

“(Masih terisolir--red) Tinggal tiga wilayah, Desa Cileuksa, Cisarua dan Kiarasari,” kata Danrem 061/Suryakancana, Brigjen Novi Helmy Prasetya, Kamis (9/1/2020) seperti dilansir TribunnewsBogor.com.

Dijelaskan Novy Helmy, proses pembukaan jalur isolasi adalah masih diupayakan tim di lapangan.

Sebanyak 17 alat berat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat adalah diperbantukan dalam membuka akses masuk ke daerah terisolir tersebut.

Ketiga desa ini, kata dia hanya bisa diakses dengan jalan kaki.

Untuk sementara, pengiriman bantuan logistik ke daerah-daerah ini dilakukan melalui jalur udara.

“Pendorongan logistik ini sudah bersinergi. Harapannya cuaca bersabat lah, walau pun ada prediksi-prediksi (cuara buruk) dari BMKG,” kata Novi Helmy Prasetya

Saat ini tanggap darurat bencana Kabupaten Bogor sekarang sudah diambil alih oleh Dandim 0621/Kabupaten Bogor Letkol Inf Harry Eko Sutrisno.

Sebelumnya, tanggap darurat bencana yang diberlakukan sejak 2 Januari 2020 lalu ini dipimpin oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Yani Hasan.

“Untuk menyatukan persepsi, sekarang sudah satu komando tanggap darurat. Dipimpin oleh Dandim sebagai resident commander. Kemarin sudah diterima SK-nya dari bupati, menunjuk kepada Dandim,” kata Letkol Inf Harry Eko Sutrisno, Kamis (9/1/2020) seperti dilansir TribunnewsBogor.com.

Halaman
12
Penulis: Dedy
Editor: Dedy
Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved