Musim Hujan

Ini Penyebab Depok Akan Alami Musim Hujan Lebih Panjang Ketimbang Jakarta

Ini Penyebab Depok Akan Alami Musim Hujan Lebih Panjang Ketimbang Jakarta. Simak selengkapnya di dalam berita ini.

Ini Penyebab Depok Akan Alami Musim Hujan Lebih Panjang Ketimbang Jakarta
Istimewa
ILUSTRASI Hujan disertai petir dan angin kencang 

PASCA bencana banjir dan tanah longsor yang menyergap Kota Depok akibat lebatnya hujan pada awal 2020, nyatanya bukanlah menjadi akhir dari musim penghujan.

Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Herizal mengatakan sekarang ini memang Indonesia tengah menghadapi musim penghujan.

Meski sejak Desember hingga Januari ini intensitas hujan semakin lama semakin sering dan lebat, Herizal mengatakan bahwa hal itu justru merupakan awal pembuka musim penghujan di tahun ini.

Penjelasan Lengkap BMKG Soal Peringatan Banjir Jakarta dari Kedubes AS

"Kita masih tetap menghadapi musim hujan dari tanggal 1 (Januari) sampai bulan Februari, jadi, masih harus tetap siaga," kata Herizal kepada Warta Kota di Kantor Human Initiative, Cimanggis, Depok, Rabu (8/1/2020).

Namun demikian, kesiagaan ini dikatakan Herizal bukan berarti masyarakat tidak boleh beraktivitas melainkan tetap melakukan rutinitas yang sama seperti pada saat sebelum-sebelumnya.

"Tetap beraktivitas tapi haarus tetap memantau informasi yang diberikan oleh lembaga berwenang," papar Herizal.

Dari pantauan BMKG, Herizal mengatakan cuaca dan iklim saat ini memang masanya musim penghujan, di mana biasanya potensi banjir maupun longsor bisa selalu membayangi kapanpun tanpa bisa di prediksi.

Akan tetapi, Herizal mengingatkan kepada masyarakat yang tinggal di dekat aliran sungai maupun di lokasi yang sebelumnya kerap terjadi banjir maupun longsor.

Saefullah Meyakini Mesin Pompa Pengendali Banjir Siap untuk Menghadapi Rob di Kawasan Pesisir DKI

"Biasanta pada tempat-tempat yang pernah banjir dan longsor akan ada titik pengulangan, untuk terhindar dari dampak negatif tadi, harus tetap siaga kapanpun," tutur Herizal.

Sementata itu, mengenai intensitas hujan khususnya di wilayah Depok, Herizal mengatakan jika hal tersebut bersifat fluktuatif seperti dari hujan ringan ke sedang maupun dari sedang ke lebat.

Halaman
1234
Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved