Banjir Jakarta

TMC Diklaim Bisa Mengurangi Intensitas Hujan 40 Persen di Jabodetabek dan Sekitarnya

Intensitas hujan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan sekitarnya diklaim telah turun sekitar 40 persen.

TMC Diklaim Bisa Mengurangi Intensitas Hujan 40 Persen di Jabodetabek dan Sekitarnya
Istimewa
Ilustrasi - Intensitas hujan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan sekitarnya diklaim telah turun sekitar 40 persen. 

Intensitas hujan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan sekitarnya diklaim telah turun sekitar 40 persen.

Hujan yang awalnya diprediksi mengguyur wilayah setempat justru lebih dominan turun di perairan setelah petugas melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dengan cara menebar 25,6 ton garam di udara.

“Ada penurunan intensitas hujan sekitar 30-40 persen, nanti kami coba lagi (TMC), terus kami lanjutkan sampai prakiraan hujan intensitas tinggi itu (dikendalikan)"

"karena itu akan bergerak terus perubahannya,” kata Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza pada Selasa (7/1/2020).

Warga di Lokasi Tebing Longsor di Cinere Depok Trauma Tidak Berani di Dalam Rumah Saat Hujan Deras

VIDEO: Trauma, Warga Korban Longsor di Cinere Depok Tak Berani Berada di Dalam Rumah Saat Hujan

Sejumlah Empat Pasar Tohaga Terkena Dampak Meluapnya Air Hujan karena Curah Hujan yang Tinggi

Hal itu dikatakan Hammam usai hadiri rapat koordinasi tingkat menteri soal penanganan Bencana Banjir DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

Adapun letak Kantor Kementerian PMK berada di Jalan Medan Merdeka Barat, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Hammam mengatakan, bila menyandingkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), prediksi udara basah yang datang dari Afrika masuk ke Indonesia melalui Sumatera bagian Barat.

Secara perlahan awan itu bergerak turun ke arah Lampung menuju Banten, DKI Jakarta dan Jabodetabek.

“Nah ini sebelum udara basah itu sampai ke daratan, kami semai memakai garam sehingga air turun di perairan. Terutama di selat Sunda dan Teluk Jakarta,” katanya.

“Walaupun ada (hujan) itu adalah sisa-sisa daripada ini (hasil TMC), nah kalau membandingkan dengan prakiraan, kami menganggap bahwa harapan untuk mengurangi maupun mereduksi intensitas hujan sampai 30-40 persen itu kelihatannya menunjukan hasil yang cukup signifikan,” tambahnya.

Halaman
1234
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Panji Baskhara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved