Sampah Berat Sisa Banjir di Permukimannya Terangkut Juga, Warga Puri Kartika Ciledug Merasa Lega

“Sebelum banjir sampah yang ditampung di TPA kurang lebih 1.300 ton per harinya. Dengan tambahan 600 sampai dengan 800 ton TPA masih bisa menampungnya

Warta Kota/Andika Panduwinata
Sejumlah sampah berat mulai dapat diangkut petugas. 

Widiastuti (36) warga Puri Kartika, Kelurahan Tajur, Kecamatan Ciledug akhirnya merasa lega setelah sampah berat sisa banjir yang berserakan di permukiman tempat tinggalnya adalah diangkut oleh satuan petugas gabungan dari Satpol PP dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang.

Sampah yang didominasi dari peralatan rumah tangga tersebut adalah menumpuk di pinggir jalan. Tak ayal, permukiman terlihat kumuh apabila sampah tersebut dibiarkan berhari hari di sekitar rumahnya.

“Barang - barang kami yang rusak memang banyak. Seperti lemari dan kasur. Itu kan besar dan berat. Syukurnya tadi dibantu petugas dibawa sampahnya,” ujar Widi kepada Wartakotalive.com, Rabu (8/1/2020).

Ia menilai bantuan uang dan logistik adalah hampir sebanding dengan bantuan tenaga dari puluhan petugas yang dikerahkan oleh Pemerintah Kota Tangerang. Untuk kembali merapihkan barang-barangnya setelah terkena bencana banjir.

“Terima kasih bukan cuma bantuan makanan, evakuasi dan posko kesehatan tapi beberes rumah juga kami dibantu oleh petugas,” ucapnya.

Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup, Buceu Gartina mengatakan, eskalasi kenaikan volume sampah yang ada pasca-banjir mencapai 50 hingga 60 persen di setiap harinya.

Meski demikian dirinya menyebut dengan luas 34 hektar, TPA Rawa Kucing masih bisa dibebani sampah tambahan.

“Sebelum banjir sampah yang ditampung di TPA kurang lebih 1.300 ton per harinya. Dengan tambahan 600 sampai dengan 800 ton TPA masih bisa menampungnya,” kata Buceu.

Pada penanganan sampah pasca-banjir, pihaknya mengerahkan tidak kurang dari 700 orang personelnya yang disebar di beberapa titik. Di titik tersebut sebanyak 13 Kecamatan di Kota Tangerang terendam banjir.

“Semua menjadi prioritas kami, hanya saja dengan keterbatasan yang kami miliki tentunya belum semua masyarakat dapat terlayani. Namun pada intinya hanya masalah waktu pasti akan kami layani dengan baik,” ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved