Kekerasan Terhadap Anak

Asisten Rumah Tangga di Jelambar Siksa Anak Majikan, Ini Pesan KPAI untuk Para Orangtua

KPAI berharap kekerasan terhadap anak yang dilakukan Asisten Rumah Tangga (ART) terhadap anak majikannya menjadi yang terakhir terjadi.

Istimewa
ILUSTRASI Kekerasan terhadap anak, termasuk kasus pelecehan seksual 

"Benar ART ini membantu, tetapi konteksnya membantu. Orangtua harus memastikan ART punya afeksi yang baik, tidak melakukan kekerasan terhadap anak, jadi kontrol itu harus dibangun oleh orangtua sendiri..."

KOMISI Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) berharap kekerasan terhadap anak yang dilakukan Asisten Rumah Tangga (ART) terhadap anak majikannya menjadi yang terakhir terjadi.

Mereka berharap kejadian viral ini bisa menjadi pelajaran bagi orangtua yang menitipkan anaknya kepada ART.

"Ini menjadi peringatan bagi setiap orangtua dalam melakukan pengalihan pengasuhan, kepada siapapun termasuk kepada ART," pesan Wakil Ketua KPAI Rita Pranawati di Polres Metro Jakarta Barat, Rabu (8/1/2020).

UPDATE Ternyata Ini Alasan ART di Jelambar Tega Bekap Anak Majikan dengan Wallpaper Tembok

Siksa Anak Majikan, ART di Jelambar Viral dan Diburu Polisi

Rita berpesan kepada seluruh orangtua untuk tidak memberikan sepenuhnya kepercayaan asuh anak kepada orang lain. Seharusnya orangtua yang menjadi penanggung jawab utama mengasuh anak.

"Benar ART ini membantu, tetapi konteksnya membantu. Orangtua harus memastikan ART punya afeksi yang baik, tidak melakukan kekerasan terhadap anak, jadi kontrol itu harus dibangun oleh orangtua sendiri," jelas Rita.

Caranya, lanjut Rita, orangtua harus kerap mengecek perlakuan ART terhadap anaknya.

Apalagi untuk anak yang sudah bisa diajak berbicara. Orang tua harus aktif menggali kelakuan ART terhadap anak tersebut.

"Kalau anak diam itu bukan berarti baik-baik saja. Itu menurut saya yang penting," jelas Rita.

Selain itu dalam menyeleksi ART para orang tua juga harus selektif. Mereka harus memastikan bahwa ART tersebut benar-benar sabar menghadapi anak-anak.

"Semoga ini menjadi peristiwa terakhir dan KPAI apreasiasi kinerja Polres Jakarta Barat yang sangat cepat untuk melakukan tindakan pada pelaku," ujar Rita.

Kurang dari 24 jam

Diberitakan Wartakotalive.com sebelumnya kurang dari 24 jam, polisi langsung meringkus pembantu yang menyiksa anak majikannya NV (23) di Jelambar, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Pelaku diringkus polisi usai orang tua korban melaporkan NV pada Selasa (7/1/2020) lalu.

Akibat perbuatannya NV disangkakan Pasal 44 dan 45 UU RI No. 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga dan Pasal 80 UU RI No.35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU RI No.23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak atau Pasal 335 ayat (1) KUHP. (M24)

Penulis: Desy Selviany
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved