Breaking News:

Berita Bekasi

Kementerian PUPR Akan Gelontorkan Dana Rp 4 Triliun Normalisasi DAS Wilayah Bogor Hingga Bekasi

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat siapkan dana normaliasasi sungai sebesar Rp 4 triliun.

Warta Kota/Muhammad Azzam
Jembatan Patal di Jalan Bulang-bulang, Kota Bekasi, sudah bisa dilalui sepeda motor sejak Jumat (3/1/2020). Rencananya, jembatan patal ini sudah bisa dilalui mobil kecil, Senin (6/1/2020). 

Kementerian PUPR Berencana Gelontorkan Dana Rp 4 Triliun Normalisasi DAS Wilayah Bogor Hingga Bekasi

SETELAH banjir besar melanda Kota Bekasi, terlihat ada puluhan tanggul kali jebol.

Jebolnya tanggul itu dikhawatirkan berdampak buruk jika hujan deras kembali turun.

Maka dari itu Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat - Kementrian PUPR siapkan dana normaliasasi sungai sebesar Rp 4 triliun.

Rencananya dana itu untuk normalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS) mulai dari Sungai Cikeas, Cileungsi hingga Sungai Bekasi.

"Menteri PUPR RI saat berkunjung ke Kemang Pratama memantau banjir, beliau mengatakan bahwa pada minggu ini akan merencanakan adakan pertemuan untuk membahas Sungai Bekasi dan akan menyediakan dana sebesar Rp 4 triliun untuk normalisai dari hulu (Bogor) hingga hilir wilayah Bekasi," kata Rahmat, Senin (6/1/2020).

Perbaikan Tanggul Jebol Sementara Masih Gunakan Karung Pasir, Warga Perumahan CKP Makin Cemas

Rahmat menyebut ada puluhan titik tanggul jebol di sepanjang Sungai Bekasi. Maka dari itu dana salah satunya akan digunakan untuk perbaikan tanggul jebol tersebut.

"Tanggul jebol harus segera diperbaiki, Bappeda dan Dinas Bina Marga Sumber Daya Air telah siapkan langkah dan bahan paparan termasuk koordinasi sebelumnya dengan Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor yang DAS nya melintasi Kali Bekasi, sehingga sekiranya nanti dipanggil Menteri PUPR, kita sudah siap paparkan bahannya untuk proses perbaikan," kata Rahmat.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi memerintahkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi untuk turun ke lapangan usai apel pagi, pada Senin (6/1/2020).

"Usai apel ini, kalian lepas atribut dan seragam, kenakan kaos oblong langsung ke daerah titik banjir, bantu mereka sebagai pelayan masyarakat. Adanya pemerintah itu hadir ditengah masyarakat yang butuh dalam proses pembersihan pasca banjir," perintah Wali Kota Rahmat Effendi, Senin (6/1/2020).

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved