Breaking News:

Berita Video

VIDEO : Terendam Banjir Dua Meter, Kantor Dukcapil Kota Bekasi Hentikan Pelayanan Tiga Hari Kedepan

Pelayanan di kantor Dukcapil Kota Bekasi akan dihentikan selama tiga hari Kedepan akibat terdampak banjir setinggi dua Meter pada Rabu lalu.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatata Sipil (Dukcapil) Kota Bekasi, Taufik Hidayat mengatakan untuk sementara waktu tak ada aktivitas pelayanan yang dilakukan pihaknya.

Hal tersebut lantaran Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bekasi di Jalan Ir H Juanda, Bekasi Timur, terendam banjir setinggi dua meter pada Rabu (1/1/2020) lalu.

"Semua kantor pelayanan yang ada di jalan Juanda terendam, kantor saya sendiri titik tertinggi itu 1,5 meter di dalam, di luar 2 meter," ujar Taufik saat ditemui
di Kantor Kecamatan Kali Baru, Kota Bekasi, Kamis (2/1/2020).

Selain kantor Dukcapil terendam banjir, pun juga listrik padam sehingga pelayanan dipastikan offline tak ada aktivitas apapun yang berlangsung.

VIDEO : Diterjang Arus Deras Kali, Jembatan Penghubung Bekasi Utara dan Timur Retak dan Bergeser

VIDEO: Warga Korban Banjir Mulai Minta Sumbangan di Kembangan

Taufik  juga mengaku siap bertanggung jawab jika terdapat kehilangan berkas dan dokumen milik warga akibat banjir yang merendam kantor Dukcapil itu.

Nantinya ia juga akan melibatkan dan berkoordinasi dengan inspektorat terkait kehilangan-kehilangan berkas, kerusakan dokumen, kerusakan peralatan dan sebagainya.

"Yang jelas kami konsolidasinya besok secara administratif kami akan mengundang dari polres, dari inspektorat, melihat kondisi kerusakan terutama berkas-berkas dokumen," jelasnya.

"Karena kami juga tidak mau dipersalahkan jika ada dokumen milik masyarakat yang hilang terbawa air, rusak dan menuntut kepada kami," sambung dia.

Sementara, Dukcapil juga akan memberikan kemudahan bagi warga Bekasi yang ingin mengurus data kependudukan sipil yang terkena karena dampak dari banjir.

VIDEO : Begini Kesaksian Tetangga Temukan Satu Keluarga Tewas Keracunan Asap Genset di Pulogadung

Adapun, nantinya pelayanan Dukcapil Kota Bekasi sendiri akan kembali normal secara maksimal mulai Senin (6/1/2020) mendatang.

Selain dokumen-dokumen catatan sipil warga, Kantor Dinas Dukcapil Kota Bekasi juga kehilangan puluhan unit komputer dan printer yang berada di lantai dasar gedung tersebut.

Beruntung, server data semuanya beraada di lantai dua sehingga aman dari rendaman banjir yang menerjang kantor Dukcapil Kota Bekasi.(M20)

Penulis: Luthfi Khairul Fikri
Editor: Muhamad Rusdi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved