Breaking News:

Konser Musik

Tidak Sekadar Menyuguhkan Atraksi Hiburan, Konser Musik Ikut Menghidupkan Nilai Akulturasi Budaya

Bagi para penikmat musik, kehadiran musisi lokal dan internasional di Tanah Air memberikan kesan teramat dalam.

Penulis: Irwan Wahyu Kintoko | Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Dokumentasi Rajawali Indonesia
Salah satu momen yang terekam kamera di penyelenggaraan festival musik tahunan 'Prambanan Jazz Festival #5 2019' di Candi Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, Jumat-Minggu (5-7/7/2019). Tidak hanya gelaran hiburan semata, konser musik juga menghidupkan nilai akulturasi budaya hingga mempromosikan pariwisata Indonesia ke dunia internasional. 

Tahun 2019 telah mendekati pengujung waktu.

Bagi para penikmat musik, kehadiran musisi lokal dan internasional di Tanah Air memberikan kesan teramat dalam.

Tidak sekadar menyuguhkan atraksi hiburan semata, namun konser musik yang tersaji di sepanjang 2019 telah mewujud menjadi wadah yang menghidupkan nilai-nilai akulturasi budaya.

Salah satu momen yang terekam kamera di penyelenggaraan festival musik tahunan 'Prambanan Jazz Festival #5 2019' di Candi Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, Jumat-Minggu (5-7/7/2019).
Salah satu momen yang terekam kamera di penyelenggaraan festival musik tahunan 'Prambanan Jazz Festival #5 2019' di Candi Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, Jumat-Minggu (5-7/7/2019). (Dokumentasi Rajawali Indonesia)

Konser musik juga sekaligus memperkuat promosi pariwisata Indonesia ke pentas internasional.

Mudya Mustamin, pemerhati musik nasional, menilai, ceruk bisnis industri showbiz ternyata begitu kuat pada 2019.

"Gonjang-ganjing politik ternyata tidak berdampak signifikan. Sebaliknya, industri pertunjukkan malah semakin berkembang pascapenyelenggaraan Pemilu," kata Mudya Mustamin, Senin (30/12/2019).

Catatan Konser Musik Sepanjang 2019: Pesona Daya Pikat Blackpink sampai Prambanan Jazz

Konser Slank di Malam Tahun Baru Batal Digelar, Berikut Prosedur Pengembalian Tiket

Dalam rangkaian akulturasi budaya, Mudya Mustamin melihat kekuatan konser Blackpink pada awal tahun yang begitu menarik perhatian generasi muda negeri ini.

Ia melihat girlband asal Korea Selatan itu telah menjadi corong negaranya dalam mendiseminasikan budaya ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

"Blackpink harus dilihat sebagai kesuksesan negara dalam menyebarkan budaya mereka ke berbagai negara. Inilah proses akulturasi budaya yang sukses dijalankan lewat musik K-Pop," katanya.

Shawn Mendes yang dijuluki sebagai Prince of Pop menggelar konser perdananya di Indonesia disela menjalani Konser Shawn Mendes The Tour 2019 in Asia di Sentul International Convention Center, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (8/10/2019) malam.
Shawn Mendes yang dijuluki sebagai Prince of Pop menggelar konser perdananya di Indonesia disela menjalani Konser Shawn Mendes The Tour 2019 in Asia di Sentul International Convention Center, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (8/10/2019) malam. (Warta Kota/Heribertus Irwan Wahyu Kintoko)

Meski demikian, Mudya Mustamin juga mengapresiasi penyelenggara konser yang jeli mempromosikan Indonesia ke pentas internasional.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved