Breaking News:

Mudik

Terungkap Alasan Pengguna Jalan Tol Harus Membayar Jutaan Rupiah Jika Kartu Pembayaran Tol Hilang

Kartu transaksi elektronik tersebut harus diletakkan di tempat yang aman yang mudah untuk dijangkau di saat melaksanakan transaksi elektronik.

KompasOtomotif
GERBANG Tol Cikampek Utama I di KM 70 yang menggunakan transaksi kartu elektronik. 

KALANGAN pengendara yang menggunakan jalan tol sebaiknya memelihara dan merawat kartu elektronik untuk pembayaran jalan tol yang digunakan.

Kartu tersebut harus diletakkan di tempat yang aman dan tidak lupa disimpan di tempat yang mudah untuk dijangkau di saat melaksanakan transaksi elektronik.

Soalnya, jika sampai hilang, denda yang harus dibayarkan nilainya jutaan rupiah jika hilang atau rusak.

Karena itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk menghimbau agar para pengemudi yang menggunakan jalan tol jangan sampai kehilangan kartu pembayaran tol elektronik.

Pasalnya, jika kartu tersebut hilang maka pengguna harus membayar denda sebesar dua kali tarif tol jarak terjauh pada satu ruas jalan tol dengan sistem tertutup.

"Pada saat memasuki tol (melakukan tap kartu), maka kartu tersebut tidak boleh hilang atau diganti."

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Elevated) II resmi beroperasi hari ini untuk uji coba, Minggu (15/12/2019).
Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Elevated) II resmi beroperasi hari ini untuk uji coba, Minggu (15/12/2019). (Warta Kota/Muhammad Azzam)

Karena, ketika keluar (melakukan pembayaran tol), hanya kartu awal tadi yang bisa bertransaksi," ujar Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk, saat dihubungi Kompas.com di Jakarta, Selasa (31/12/2019).

"Ketika kartu hilang, pengguna jalan tol akan denda dua kali jarak terjauh," lanjutnya.

Artinya, jika pengendara melakukan perjalanan dari Jakarta ke Probolinggo melalui tol Trans Jawa (jarak terpanjang tol) kemudian e-toll hilang, maka biaya yang harus dibayarkan ialah Rp 1.455.000.

Sebab, tarif tol Jakarta-Probolinggo ialah Rp 727.500.

Halaman
123
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved