Opini

Memanfaatkan Media Sosial untuk Sekarang dan Masa Mendatang

Dulu pengguna media sosial identik dengan anak muda, namun sekarang sudah tidak lagi melainkan orang tua pun juga ikut

Memanfaatkan Media Sosial untuk Sekarang dan Masa Mendatang
istimewa
Nurcanya Halimatussadiyah, mahasiswi Vokasi Hubungan Masyarakat Universitas Indonesia. 

Perkembangan Teknologi informasi dapat membantu manusia dalam menyampaikan informasi kepada orang lain dalam waktu yang cepat. Produk yang termasuk dalam teknologi tersebut diantaranya; media sosial, televisi, radio, media online, dan lainnya.

Manfaat yang paling terasa dari teknologi informasi adalah proses yang mudah, cepat, dan murah. Bila dulu kita berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan surat, telepon rumah, dan telegram, sekarang kita dapat melakukannya dengan cepat melalui smartphone, aplikasi chatting, dan email.

Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang bisa memiliki media sendiri. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan sosial media dan jejaring internet. Kita sebagai pengguna sosial media dengan bebas mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis dan berbagai model content lainnya. Media sosial telah menjadi bagian dalam setiap kehidupan masyarakat Indonesia yang bisa dimanfaatkan dengan baik untuk sarana komunikasi, menambah banyak pertemanan, mempromosikan bisnis, mempromosikan diri seperti yang kita inginkan sendiri.

Media sosial dinilai lebih efektif dan efisien karena dalam hal penyebaran informasi lebih cepat dibandingkan dengan media lainnya dan juga biaya di media sosial jauh lebih murah karena tidak membutuhkan banyak biaya dibandingkan dengan menggunakan media konvensional seperti televisi, radio, dan koran. Media sosial terbesar penggunanya di Indonesia adalah Facebook, Instagram, Twitter sampai dengan youtube.

Saya adalah salah satu dari pengguna jutaan Media sosial yang memanfaatkan media ini sebagai komunikasi, bisa mendapatkan banyak teman dan menjaga silaturahmi juga dengan teman lama yang sudah tidak satu kota bahkan satu negara. Media sosial sekarang ini banyak dimanfaatkan untuk hal-hal positif yang membawa perubahan di sekitar kita, contohnya ketika kita ingin berbuat baik dengan berdonasi, media sosial memberikan informasinya dengan sangat detail berbagai macam cara dan bentuk donasinya. Semua terasa mudah dengan media sosial.

Dulu pengguna media sosial identik dengan anak muda, namun sekarang sudah tidak lagi melainkan orang tua pun juga ikut menggunakannya terbukti tahun ini dan tahun-tahun kemarin pada saat Pemilu 2019, Pilgub DKI Jakarta beberapa tahun yang lalu, beberapa tokoh menggunakan media sosial secara maksimal karena lebih efektif dan efesien serta tidak memakai dana yang besar dalam menggunakannya.

Selain itu bahkan anak dibawah umur juga sudah mulai menggunakan media sosial baik yang digunakan secara pribadi ataupun yang dikelolah oleh orang tuanya sebagai media membagikan foto dan video keseharian anaknya yang diunggah kedalam Instagram ataupun Youtube. Bisa dibilang pengguna media sosial saat ini semakin meningkat dibandingkan dulu. Dengan berkembangnya media sosial saat ini juga mempengaruhi berkembangnya saluran internet. Karena tanpa adanya internet masyarakat tidak dapat mengakses media sosial apapun. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyaknya pengguna media sosial juga meningkatkan jumlah pengguna internet.

Saya yakin kedepan media sosial ini akan semakin dimanfaatkan dengan maksimal oleh kita semua karena kedepannya pasti banyak fitur-fitur dan aplikasi terbaru. Contohnya saja sekarang Instagram dan Whatsapp adalah milik Facebook yang semakin mempermudahkan kita dalam mengakses media sosial tersebut, lalu Facebook yang meluncurkan layanan promote, itu mempermudahkan bagi sahabat-sahabat saya yang menggunakan media sosial untuk berjualan online dan membuat berbagai kegiatan positif lainnya.

Terima kasih

Penulis ini adalah Nurcanya Halimatussadiyah, mahasiswi Vokasi Hubungan Masyarakat Universitas Indonesia.

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved