timnas indonesia

Shin Tae-yong Janji Selektif Pilih Pemain

Pelatih anyar Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akan selektif saat memilih pemain untuk masuk dalam skuad Garuda.

Shin Tae-yong Janji Selektif Pilih Pemain
Tribunnews/Abdul Majid
Pelatih asal Korea Selatan Shin Tae-yong resmi jadi pelatih Timnas Indonesia saat diperkenalkan di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (28/12/2019). 

Pelatih anyar Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, akan selektif saat memilih pemain untuk masuk dalam skuad Garuda. Ia menyebut pemain itu harus memiliki kriteria tertentu agar bisa terpilih.

Sebelumnya skuad Garuda banyak dihuni pemain naturalisasi serta beberapa pemain yang berkiprah di luar negeri. Tae-yong menilai yang terpenting seorang pemain harus memiliki jiwa berkorban dan semangat bertarung.

Shin Tae-yong
Shin Tae-yong (fourfourtwo)

"Saya berpikir pesepak bola yang pernah di luar negeri belum tentu bagus. Saya sempat menonton pertandingan timnas senior, ada belasan pemain seperti itu (naturalisasi). Untuk saya, sama saja dengan pemain Indonesia," ujarnya.

"Pemain egois tidak akan terpilih untuk main sepak bola dan tidak ada hati atau pikiran mengorbankan dirinya untuk Timnas Indonesia. Jika pemain ada mental pengorbanan diri, maka bisa terpilih dan harus ada semangat bertarung," sambungnya.

Tae-yong pun akan mengumpulkan 60 pemain yang terdiri dari gabungan senior dan junior pada tahun depan. Ia mengatakan belum bisa mengukur kemampuan masing-masing individu dan baru bisa menilai setelah melihat kemampuan mereka.

"Tanggal 13 Januari saya mengumukan pemain 60 orang. Untuk masing-masing kemampuan berbeda, jadi setelah bertemu baru bisa tahu tentang kemampuan mereka. Untuk saat ini saya tak bisa berkomentar apa-apa, setelah bertemu mereka, pertanyaan seperti itu akan dijawab," ucapnya.

Fisik jadi sorotan utama Tae-yong, ia menjanjikan pembenahan serius pada masalah tersebut.

"Kemampuan pemain indonesia bagus, masalahnya setelah babak kedua biasanya ada masalah di fisik, saya akan cari solusinya ke depannya," imbuh Tae-yong.

"Fisik harus kuat, maka mental kuat, fokus juga akan lebih dalam. Kalau fisik kuat bisa punya semangat lebih untuk menang, jika semua ini jadi kombinasi, tim ini akan jadi kuat, satu demi satu akan ada perubahan," tambahnya.

Untuk itu, Tae-yong mengajak Lee Jae-hong, pelatih fisik yang turut serta di ajang Piala Dunia 2018. Ia optimistis masalah fisik bisa teratasi.

"Nanti akan ada pelatih fisik dari Korea yang paling baik, sudah pengalaman di Piala Dunia 2018, punya pengalaman juga di Piala Dunia U-17 dan U-20.

"Dia akan datang kesini untuk membenahi fisik pemain. Sebelum ke sini, saya sudah banyak bicara memang masalah banyak di fisik, masalah itu akan diperbaiki satu per satu," tukasnya.

Penulis: Valentino Verry
Editor: Valentino Verry
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved