Kandidat Wagub DKI Jakarta

Riza Patria Siap Mundur dari DPR RI Jika Terpilih Jadi Wakil Gubernur DKI Jakarta

Ahmad Riza Patria, siap mengundurkan diri bila terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria dan Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik saat jumpa pers di Wisma Garuda, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur pada Minggu (29/12/2019). Riza dianggap menjadi calon kuat kandidat Wagub DKI yang diajukan kepada PKS. 

Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Riza Patria, siap mengundurkan diri bila terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta, mendampingi Anies Baswedan hingga 2022 mendatang.

Lelaki yang juga menjabat sebagai Ketua DPP Partai Gerindra ini juga menyatakan telah mendapat restu dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Riza Patria
Riza Patria (Kompas.com)

“Terkait nama saya diusulkan, saya harus siap apapun yang diperintahkan pimpinan. Apalagi Pak Prabowo yang memerintahkan. Sebagai kader partai yang baik, saya harus taat,” kata Riza saat jumpa pers di Wisma Garuda, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur pada Minggu (29/12/2019).

Riza mengatakan, pengunduran dirinya, bila menjadi Wagub DKI, merupakan amanat Undang-Undang. Karena itu, dia siap merelakan posisi Wakil Ketua Komisi II DPR untuk menjadi Wagub DKI Jakarta.

“Terkait aturan PAW (Pergantian Antar Waktu) dan pilkada, menurut UU harus mengundurkan diri. Itu aturan yang ada, jadi enggak ada pilihan. Siapapun yang maju harus mundur, mau anggota DPR, TNI, Polri dan sebagainya,” katanya.

“Termasuk saya konsekuensinya harus siap dan dibuktikan. Nanti ada mekanisme aturan KPU harus membuat pengunduran diri,” tambahnya.

Kata dia, Prabowo juga menginginkan ada sosok dari kader Partai Gerindra yang muncul untuk meramaikan perhelatan Pilpres 2024. Hal itu dianggap wajar dari pandangan pemimpin sebuah partai.

“Sebagai ketua umum tentu punya keinginan itu, punya jabatan di eksekutif bukan hanya legislatif. Di pilpres juga supaya kader bisa duduk di pilpres,” ujarnya.

Kursi Wagub DKI memang masih lowong, sejak ditinggalkan oleh Sandiaga Uno, yang mencalonkan di sebagai Wakil Presiden di Pemilihan Presiden 2019.

Paham

Fraksi Partai Gerindra DKI Jakarta mengisyaratkan Ahmad Riza Patria menjadi kandidat calon Wagub DKI Jakarta.

Dia dianggap memiliki pengalaman dan pengetahuan yang matang tentang persoalan ibu kota, sehingga dinilai mampu membantu kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam memimpin Jakarta.

Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik mengatakan, Riza memiliki pengalaman berorganisasi yang cukup di DKI Jakarta. Dia pernah menjadi Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jakarta dan tokoh pemuda Jakarta lainnya.

“Jadi kalau ditanya soal Jakarta pada Pak Riza, dia paham banget,” ujar Mohamad Taufik tadi siang.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved