SMSI Minta Media Digital Perbaiki Kualitas SDM dan Tak Cukup Ikuti Perkembangan Zaman

Perkembangan zaman saat ini tentunya harus disadari secara bersama untuk menghadapi tantangan media massa ke depannya.

SMSI Minta Media Digital Perbaiki Kualitas SDM dan Tak Cukup Ikuti Perkembangan Zaman
istimewa
Wakil Wali Kota Tangsel, H Benyamin Davnie, saat membuka diskusi akhir tahun bertema “Memetakan Peran Media Massa, Pers, dan Jusnalistik di Masa Depan” yang digagas PWI Kota Tangerang Selatan dan SMSI di Restoran Bupe, Kota Tangerang Selatan, Jumat (27/12) siang. 

WARTA KOTA, SERPONG--Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas dan kompeten yang dimiliki sebuah media massa digital masih menjadi acuan jika ingin tetap bertahan di era digital.

 Demikian benang merah dari diskusi akhir tahun bertema “Memetakan Peran Media Massa, Pers, dan Jusnalistik di Masa Depan” yang digagas Persatuan Wartawan Indonesia Kota Tangerang Selatan dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Restoran Bupe, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Jumat (27/12) siang.

Hadir sebagai pembicara dalam diskusi itu adalah Wakil Ketua Dewan Pers Hendry Ch Bangun, Ketua Umum SMSI Firdaus, dan perwakilan dari PWI DKI Jakarta, serta hadir pula Wakil  Walikota Benyamin Davnie.

Hendry mengatakan, perkembangan zaman saat ini tentunya harus disadari secara bersama untuk menghadapi tantangan media massa ke depannya.

Terlebih lagi saat ini revolusi industri 4.0 menjadi tantangan sendiri bagi media massa. Di mana masyarakat mulai beralih membaca media digital untuk kebutuhan informasi saat ini.

Hendry mengungkapkan, berdasarkan penelitian Dewan Pers bahwa saat ini masyarakat mulai beralih ke media digital.

“Media massa saat ini memang memiliki tantangan ke depannya, terutama tantangan digitalisasi dimana masyarakat saat ini beralih ke media sosial untuk kebutuhan intonasi. Sehingga ini menjadi tantangan bagi media massa,” ujarnya.

Untuk menghadapi tantangan tersebut, Ketua Umum SMSI, Firdaus juga menanggapi dengan mengatakan bahwa hal utama untuk menghadapi tantangan media massa di masa depan ialah insan pers harus terus meningkatkan SDM.

Peningkatan SDM ini, menurut Firdaus, harus ditingkatkan dari seluruh aspek, tidak hanya sekedar peningkatan karya jurnalis saja, tetapi sistem menjemen media pun harus ditingkatkan lagi agar media massa tetap menjadi bacaan masyarakat.

“Tidak hanya sekedar mengikuti perkembangan zaman saja, tetapi kualitas pers juga harus terus ditingkatkan lagi karena pers yang tidak berkualitas itu lah yang menjadi musuh pers,” ujarnya.

Sementara itu Benyamin juga menyadari bahwa pemerintahan juga harus mengikuti irama perkembangan media massa setiap zamannya.

Karena kebutuhan masyarakat terhadap informasi tentang pemerintahan darrah terus dituntut cepat.

“Kami dari sisi pemerintahan juga dituntut untuk memberikan informasi cepat kepada masyarakat sehingga bisa memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat,” katanya.

“Tentunya kami juga mengikuti seperti apa perkembangan media massa. Agar kebijakan yang kami jalankan bisa tersampaikan kepada masyarakat dengan cepat dan tepat sasaran,” tambah Benyamin. (ito)

Penulis: Tri Broto
Editor: Tri Broto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved