timnas indonesia

Shin Tae Yong Kompromi Untuk Asisten Pelatih

Pelatih anyar Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tampaknya harus berbagi 'kekuasaan' saat berkarier di Indonesia.

Shin Tae Yong Kompromi Untuk Asisten Pelatih
Shutterstock via KOMPAS.COM
Shin Tae-yong 

Pelatih anyar Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tampaknya harus berbagi 'kekuasaan' saat berkarier di Indonesia. Sebab, selain menangani timnas senior, dia juga didaulat menangani Timnas U-23 dan U-20.

Pelatih berusia 49 tahun itu dijadwalkan menandatangani kontrak, Sabtu (28/12). Tae Yong pun memboyong membawa serta dua asistennya, pelatih kiper Kim Hae-woon dan pelatih fisik Lee Jae-hong.

Shin Tae-yong
Shin Tae-yong (fourfourtwo)

Kedua sosok itu masuk ke dalam daftar staf pelatih di bawah pimpinannya di Piala Dunia 2018. Hae Woon ikut membantu Tae Yong di Piala Dunia U-20 2017 ketika lolos ke-16 besar. Sedangkan Jae Hong pernah menjadi pelatih fisik timnas wanita Korsel.

"Jika Anda bekerja bersama staf pelatih yang pernah bekerja dengan Anda, Anda akan merasa lebih percaya diri. Tapi tentu saya tidak bisa membawa semuanya. Saya berharap kami mendapatkan sukses bersama Indonesia," ucap Tae Yong.

Berdasarkan ulasan media Korea Selatan, Donga, Tae Yong juga bakal membesut Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2021 dan Timnas Indonesia U-23. Indra Sjafri dan Fakhri Husaini pun disebut-sebut akan membantunya.

Pengalaman Tae Yong tak perlu diragukan lagi, ia pernah menangani tim usia muda Korea Selatan. Mulai dari Timnas Korea U-23 pada 2016 hingga 2017, dan Timnas Korea U-20.

Prestasi membanggakan berkat ramuan cemerlang pelatih berusia 49 tahun itu ialah sukses membawa klub Seongham Ilhwa Chunma berhasil menjadi juara Liga Champions Asia 2010 dan FA Cup Korea 2011. Serta hasil apik untuk Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Pengalaman tersebut tentu sangat berguna bagi Bagus Kahfi dkk dalam mempersiapkan diri menyambut Piala Dunia U-20 pada 2021 yang menjadi salah satu kompetisi bergengsi sepak bola dunia.

Penunjukan Tae Yong oleh PSSI ini sekaligus mengakhiri rumor yang mengaitkannya ke klub Shenzhen FC. Sebelumnya, ia dikabarkan sudah menemui kesepakatan dengan klub kasta kedua Liga China itu dan akan bergabung dalam waktu dekat.

Kehadiran Tae Yong sebagai Pelatih Timnas Indonesia akan menghadirkan gengsi tersendiri di persepak bolaan Asia Tenggara. Dia bakal berjumpa kompatriotnya, Park Hang-seo yang menangani Vietnam.

Hang Seo meraih kesuksesan bersama Vietnam, dan belum pernah menelan kekalahan saat berjumpa dengan tim Asia Tenggara. Kabar Tae Yong akan membesut Indonesia juga sudah direspons Hang-seo.

"Berkat kesuksesan Park Hang-seo di Asia Tenggara, saya mendapatkan kesempatan melatih Indonesia. Tentu, saya tidak ingin kalah saat bertemu dengan Park," tegas Tae Yong.

Pertemuan antara Vietnam dan Indonesia di matchday terakhir Grup G kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 4 Juni bakal menjadi duel pertama Tae Yong melawan Hang Seo. Di pertemuan pertama kala ditangani Simon McMenemy, Indonesia menelan kekalahan 3-1 di Jakarta.

Penulis: Valentino Verry
Editor: Valentino Verry
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved