Transportasi Jakarta

Diancam Copot Jabatan, Akhirnya Dirjen Perhubungan Darat Soft Launching E-Ticketing di Pulo Gebang

Budi Karya ancam bakal ganti pejabat yang dinilainya tak serius menjalankan instruksinya untuk menerapkan sistem e-ticketing

Diancam Copot Jabatan, Akhirnya Dirjen Perhubungan Darat Soft Launching E-Ticketing di Pulo Gebang
Wartakotalive.com/Angga Bhagya Nugraha
Sejumlah pemudik menunggu keberangkatan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Jumat (31/5/2019). 

TEGURAN keras Menteri Perhubungan Budi Karya kepada Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), ditanggapi serius oleh ketiga instansi tersebut.

Kala itu, Budi Karya ancam bakal ganti pejabat yang dinilainya tak serius menjalankan instruksinya untuk menerapkan sistem e-ticketing untuk penumpang bus.

Padahal, ia mengaku telah menginstruksi jajarannya untuk merealisasikan sistem tiket online di Terminal Pulo Gebang sejak tiga tahun lalu.

E-Ticketing Commuter Line Diperbaharui, KCI Terapkan Tiket Kertas

Menjawab teguran itu, Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiadi bersama Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo dan Kepala BPTJ Bambang Prihartono melakukan soft launching sistem e-ticketing.

"Kami bekerja sama dengan BPTJ dan Dishub DKI untuk membangun sistem e-ticketing yang lebih baik di terminal-terminal yang ada di indonesia. Pilot projectnya di Pulo Gebang ini. Memang belum besar," kata Budi di Teminal Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (21/12/2019).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiadi saat ditemui di Terminal Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (21/12/2019).
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiadi saat ditemui di Terminal Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur, Sabtu (21/12/2019). (Wartakotalive/Rangga Baskoro)

Sistem yang diberi nama 'Jacket Bus' tersebut merupakan sebuah aplikasi di mana para calon penumpang bus, terutama di Pulo Gebang, bisa melakukan pembayaran secara non-tunai tanpa harus memesan tiket di terminal keberangkatan secara manual.

"Tadi di launching melalui aplikasi 'Jacket Bus'. Jadi masyarakat kalau mau beli tiket bus, bisa langsung online agar lebih mudah untuk mendapatkan tiket ke semua jurusan," ucapnya.

Terminal Pulo Gebang Sediakan 10 Kasur untuk Pemudik yang Kembali ke Jakarta

Ia mengakui bahwa dirinya hanya memiliki sedikit waktu oleh Menteri Budi Karya guna melakukan pembenahan, terhitung sejak Lebaran tahun ini.

Namun demikian, ia bersama instansi terkait berkomitmen untuk melakukan perubahan dan pembenahan.

"Saya diberikan waktu yang cukup singkat oleh Pak Menhub untuk membenahi itu semua. Kami bertiga sudah bertekad untuk membuat perubahan tak hanya sistemnya saja. Tapi bagaimana kita juga membangun ekosistemnya di terminal," kata Budi.

Halaman
1234
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved