Breaking News:

Pilkada Solo 2020

Satu Syarat Ini Belum Bisa Dipenuhi Gibran Sebagai Calon Kepala Daerah, Namun Masih Bisa Lolos Asal

Gibran Ternyata Belum Penuhi Syarat Calon Kepala Daerah, Namun Masih Bisa Diusung PDIP, asal dukungan masyarakat tinggi

Editor: Wito Karyono
Tribunnews/Irwan Rismawan
Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka (kiri) bersama Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (kanan) memberikan keterangan usai melakukan pertemuan tertutup dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Kamis (24/10/2019). Pertemuan tersebut membahas pencalonan dirinya sebagai bakal calon Wali Kota Solo. 

Gibran Rakabuming Raka memiliki peluang diusung PDIP Perjuangan pada Pilkada Solo 2020 mendatang.

Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto mengungkapkan, meski ada syarat partai yang mengharuskan keanggotaan minimal tiga tahun untuk diusung sebagai kepala daerah, semua itu bisa dikesampingkan jika putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut mendapat dukungan dari masyarakat luas.

"Kalau kita melihat peraturan partai kita tidak bisa melihat pasal demi pasal, harus melihat secara komprehensif. Tetapi ini adalah pemilunya rakyat, sehingga kita harus melihat apa yang menjadi kehendak rakyat," kata Hasto di Kantor DPP PDI-P, Jakarta, Sabtu (21/12/2019), sebagaimana dilansir dari Kompas.com.

Gibran Rakabuming meminta restu kepada sang ibunda, Iriana Jokowi, di hadapan sang istri, Selvi Ananda
Gibran Rakabuming meminta restu kepada sang ibunda, Iriana Jokowi, di hadapan sang istri, Selvi Ananda (TRIBUNSOLO.COM/ADI SURYA SAMODRA)

Menurut dia, jika Gibran mendapat dukungan masyarakat luas, maka bukan tak mungkin PDIP akan mengusungnya sebagai bakal calon wali kota Solo.

Meski demikian, kata Hasto, keputusan akhir soal pengusungan Gibran maju di Pilkada Solo, berada di tangan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

Besok Gibran, Teguh, dan Ginda Jalani Fit And Proper Test di PDIP Jateng, Gibran: Insya Allah Bisa

GAYA Blusukan Gibran Rakabuming Saat di Pasar Terlihat Santai Cuma Pakai Sandal Jepit

"Ibu Mega yang punya hak memutuskan itu. Tugas DPP membantu beliau dalam menyiapkan pemetaan politik, analisa terhadap survei, analisa terhadap bagaimana kehendak rakyat, dan akan diputuskan," ujarnya.

Diketahui, DPD PDI-P Jawa Tengah mencatat, hingga akhir pendaftaran terdapat 77 nama bakal calon kepala daerah Pilkada 2020.

Ketua DPD PDI-P Jawa Tengah Bambang Wuryanto mengatakan, bakal calon harus mengikuti tes uji kelayakan dan kepatutan seusai mengembalikan berkas pendaftaran.

Hasil tes tersebut kemudian akan dibawa langsung ke DPP.

DPD Jawa Tengah bakal mengumumkan hasil rekomendasi pada saat rakernas partai di bulan Januari.

Hari Ibu 22 Desember 2019, Ini Kumpulan Ucapan Selamat Hari Ibu dalam Bahasa Inggris dan Indonesia

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved