Lingkungan Hidup

Permudah Akses Air Bersih Masyarakat di Karawang, Penguin Sebar Tangki Air ke 5 Titik Fasilitas Umum

KEKERINGAN yang terjadi tahun 2019 membuat warga Desa Kutanegara, Kecamatan Ciampel, Karawang, Jawa Barat darurat air bersih. Lalu apa solusinya?

Istimewa
SDN Kutanegara II Karawang menjadi salah satu penerima bantuan tangki air dari Penguin, Sabtu (15/12/2019) 

Dengan bantuan produsen tangki air Penguin tersebut, titik distribusi air yang dialirkan dari penampungan utama menjadi lebih banyak, sehingga warga bisa dengan mudah memperoleh air, tidak perlu jauh-jauh ke penampungan air utama.

KEKERINGAN yang terjadi tahun 2019 membuat warga Desa Kutanegara, Kecamatan Ciampel, Karawang, Jawa Barat darurat air bersih.

Sungai sebagai satu-satunya sumber mata air mereka mengering. Seringkali mereka harus merogoh kocek sebesar Rp 150.000 untuk membeli kebutuhan air selama dua hari.

Gratis, Zenius Buka Akses 80.000 Video Pembelajaran untuk Para Pelajar dan Pembelajar se-Indonesia

Federasi Serikat Musisi Indonesia (FSMI) Lahir untuk ‎Tingkatkan ‎Kualitas dan Kesejahteraan Anggota

Walau musim penghujan kini mulai tiba, tak lantas menyelesaikan masalah mereka.

Sungai masih mengering dan penampungan air hujan tidak ada. Mereka hanya memanfaatkan ember dan jeliken yang ada untuk menampung air hujan sebagai persediaan air bersih.

Tak ingin masalah air bersih terus menghantui warga Kutanegara setiap tahunnya, sejumlah relawan yang tergabung dalam organisasi Sanitasi Total Berbasis masyarakat (STBM) membuat program Gerakan Menuju Kutanegara yang Lebih Sehat.

Jelang Grand Final Putra Putri Tenun Songket Indonesia 2019, 30 Pasang Finalis Masuk Karantina

Aplikasi DigKontrol, Bantu Pengusaha Kontrol Bisnis Proses Armada Logistik Secara Realtime

Simbolis penyerahan tangki dari perwakilan PT Penguin Indonesia (kiri) kepada Sekretaris Desa Kutanegara, Kecamatan Ciampel, Karawang, Jawa Barat, di Balai Desa.
Simbolis penyerahan tangki dari perwakilan PT Penguin Indonesia (kiri) kepada Sekretaris Desa Kutanegara, Kecamatan Ciampel, Karawang, Jawa Barat, di Balai Desa. (Istimewa)

“Rencananya kami akan buat sistem penampungan air hujan. Air hujannya akan kami alirkan ke penampungan. Makanya, kami sangat membutuhkan tangki air," jelas perwakilan STBM, Komar Miharja (46 tahun) dalam keterangan resminya kepada Wartakotalive.com, Rabu (18/12/2019).

Teknologi Penguin 

Untuk mendukung program tersebut, Penguin sebagai produsen tangki air dan kimia yang terpercaya lebih dari 30 tahun, memberikan sejumlah tangki yang dialokasikan ke 5 titik fasilitas umum.

Dengan bantuan produsen tangki air Penguin tersebut, titik distribusi air yang dialirkan dari penampungan utama menjadi lebih banyak, sehingga warga bisa dengan mudah memperoleh air, tidak perlu jauh-jauh ke penampungan air utama.

Pengalokasian tangki Penguin ke beberapa titik fasilitas umum di Kp.Tanjakan Pacul, Karawang, Sabtu (15/12/2019).
Pengalokasian tangki Penguin ke beberapa titik fasilitas umum di Kp.Tanjakan Pacul, Karawang, Sabtu (15/12/2019). (Istimewa)

“Dengan kualitas tangki Penguin, saya yakin impian warga memiliki air bersih dapat terwujud! Sebab air hujan yang ditampung bisa menjadi lebih higienis, karena teknologi Penguin dapat membunuh mikroba berbahaya dalam air hujan, ” kata CEO Penguin Indonesia Endjang Djajapranata.

Lebih lanjut Endjang menyatakan bahwa Penguin akan terus mendukung program sejenis untuk membantu meringankan beban masyarakat yang memiliki kesulitan air bersih. 

Penulis: Hironimus Rama
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved