Komunitas

Federasi Serikat Musisi Indonesia (FSMI) Lahir untuk ‎Tingkatkan ‎Kualitas dan Kesejahteraan Anggota

Meleburnya beragam organisasi ‎di bidang musik dalam satu wadah FSMI ini, sebagai bentuk upaya meningkatkan kualitas dan kesejahteraan para anggotanya

Federasi Serikat Musisi Indonesia (FSMI) Lahir untuk ‎Tingkatkan ‎Kualitas dan Kesejahteraan Anggota
Wartakotalive.com/Ign Agung Nugroho
Anggota Federasi Serikat Musisi Indonesia (FSMI) bersama-sama membacakan pakta integritas di acara Kongres Pertama FSMI di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Rabu (18/12/219). 

"Kalau LMKN (Lembaga Manajemen Kolektif Nasional) mengurusi hak cipta atau karya. Sedangkan FSMI akan concern pada hak musisi. Kami juga akan membuat pelatihan dan platform yang membuat musisi terbantukan posisinya..."

‎"Di berbagai negara, Serikat Musisi atau sering disebut juga sebagai Artist Union atau Musician Union. Intinya, kami ingin memberikan fasilitas dan juga kebaikan untuk para musisi saat ini dan juga yang akan datang..."

ORGANISASI profesi di bidang musik, baik musisi, penyanyi, maupun pelaku industri musik yang selama ini ada di Indonesia, sepakat untuk membentuk sebuah wadah atau lembaga besar bernama‎ Federasi Serikat Musisi Indonesia (FSMI).

Meleburnya beragam organisasi ‎di bidang musik dalam satu wadah FSMI ini, tidak hanya sebagai ajang menjalin silaturahmi saja, tetapi sebagai bentuk upaya meningkatkan kualitas dan kesejahteraan para anggotanya.

‎Dalam konggres pertamanya yang dihadiri ratusan musisi di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Rabu (18/12/219), Candra Darusman secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Umum FSMI.

Jelang Grand Final Putra Putri Tenun Songket Indonesia 2019, 30 Pasang Finalis Masuk Karantina

Banyak Musisi Lawas Kesulitan Finansial, Bob Tutupoly: Bantulah Mereka Sebisa Mungkin

‎Menurut Ketua Umum FSMI Candra Darusman, lahirnya FSMI ini menjawab tugas yang selama ini terbengkalai, yakni mewujudkan hak profesi sebagai musisi.

"Kalau LMKN (Lembaga Manajemen Kolektif Nasional) mengurusi hak cipta atau karya. Sedangkan FSMI akan concern pada hak musisi. Kami juga akan membuat pelatihan dan platform yang membuat musisi terbantukan posisinya," kata Candra Darusman.

Lebih lanjut Chandra menjelaskan, FSMI juga dapat memberikan rekomendasi, jika ada musisi asing yang mau ke Indonesia.

Lalu, maksud dan tujuan dari dibentuknya lembaga ini menurut dia, di antaranya adalah agar menjadi mitra pemerintah untuk bermusyawarah menyusun standar dan persyaratan layanan untuk musisi dan band live.

Selain itu juga, mengatur jam dan menetapkan sesi kerja yang mengacu kepada standar kesehatan dan kenyamanan kerja.

"‎Wadah ini (FSMI) nantinya juga akan menjadikan sebuah lembaga yang reputasinya secara nasional maupun internasional dalam melaksanakan tugas dan fungsinya melindungi dan menyejahterakan musisi," katanya.

Tidak hanya itu saja, FSMI‎ juga untuk memberikan perlindungan dan jaminan kesehatan serta hari tua bagi musisi, dan yang terakhir bisa menjadi sebuah forum umpan balik dalam kemitraan dengan pemerintah dan industri musik.

‎"Di berbagai negara, Serikat Musisi atau sering disebut juga sebagai Artist Union atau Musician Union. Intinya, kami ingin memberikan fasilitas dan juga kebaikan untuk para musisi saat ini dan juga yang akan datang," ucap Chandra.

Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved