liga inggris

Pep Guardiola Pasrah Asistennya Hengkang ke Arsenal

Asisten Pelatih Manchester City, Mikel Arteta, selangkah lagi pindah ke Arsenal. Sebab, pria berusia 37 tahun itu diimingi gaji sebesar Rp 94,4 M.

Pep Guardiola Pasrah Asistennya Hengkang ke Arsenal
via Antaranews.com
Pep Guardiola (Reuters / Michaela Rehle) 

Asisten Pelatih Manchester City, Mikel Arteta, selangkah lagi pindah ke Arsenal. Sebab, pria berusia 37 tahun itu diimingi gaji sebesar lima juta pounds (Rp 94,4 miliar) per musim.

City walau dengan berat hati, tidak bisa menahan kepindahan Arteta. City hanya meminta kompensasi senilai 1 juta pounds (Rp 18,8 miliar).

Pep Guardiola
Pep Guardiola (via Antaranews)

Ternyata, sejak memecat Unai Emery, tidak ada perbaikan performa tiga pekan lalu. Arsenal masih berada di level tidak konsisten di bawah kendali pelatih sementara Karl Fredrik Ljungberg.

Akhir pekan lalu, Arsenal kalah dengan skor 3-0 atas Manchester City di Stadion Emirates. Hasil ini menjadi pukulan telak bagi kiprah Ljungberg. Pria asal Swedia itu kemudian meminta klub segera mencari pelatih baru.

Arsenal kemudian mendekati Arteta dan Carlo Ancelotti. Kini, Arsenal fokus mengamankan jasa Arteta, mengingat Ancelotti didekati Everton.

Berdasarkan ulasan The Guardian, pasca kalah dari City, Arsenal langsung mengontak Arteta dan menggelar negosiasi awal. Arsenal, pada pertemuan itu, diwakili eksekutif klub Vinai Venkatesham dan Huss Fahmy. Tak lama setelah itu, giliran Direktur Arsenal, Josh Kroenke, yang berjumpa Arteta.

Pasca rangkaian pertemuan dengan para petinggi Arsenal tersebut, Arteta diyakini sudah sepakat kembali ke London Utara. Dalam waktu dekat ini, dia bakal segera diumumkan sebagai pelatih baru Arsenal.

City sebenarnya geram dengan tindakan Arsenal yang ngotot mendekati Arteta. City punya keinginan mempertahankan Arteta sebagai asisten Pep Guardiola. Akan tetapi, City tidak bisa berbuat apa pun untuk menahannya.

Arteta masih punya kontrak di City dengan durasi 18 bulan. The Citizens bakal meminta kompensasi senilai satu juta pounds dan melepas Arteta ke Arsenal dalam waktu dekat ini.

Guardiola sendiri sudah mengetahui negosiasi antara Arteta dengan Arsenal. Meski berat, ia pun rela jika akhirnya anak buahnya itu benar-benar hengkang ke Arsenal.

"Dia (Arteta) sudah bicara dengan Arsenal, jadi saya tak tahu apa yang akan terjadi. Saya tahu ada pertemuan itu. Dia sangat jujur dan transparan kepada saya. Tapi dia akan ikut pergi ke Oxford," ujar Guardiola.

"Dia tahu persis apa yang kami (Manchester City) inginkan, apa yang kami harapkan, tapi pada akhirnya keputusan itu kembali padanya," sambungnya.

Arteta sendiri akan menghadapi tugas yang berat di Arsenal. Di Liga Inggris, Mesut Oezil dkk baru sekali menang dalam sembilan laga terakhir dan tertahan di posisi ke-10 klasemen sementara dengan koleksi 22 poin.

Guardiola melihat tidak ada alasan bagi Arteta untuk tidak menerima tawaran Arsenal. Namun, mantan pelatih Bayern Muenchen dan Barcelona itu memperingatkan Arteta tentang besarnya tantangan di Arsenal.

Penulis: Valentino Verry
Editor: Valentino Verry
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved