Kesehatan

Vaksin Belum Tersedia, 120.000 Anak Perempuan Terancam Tidak Mendapat Vaksin HPV

Kanker serviks satu-satunya kanker yang bisa dicegah lewat vaksinasi. Terbukti di negara maju, angka kanker serviks menurun dalam beberapa tahun

Vaksin Belum Tersedia, 120.000 Anak Perempuan Terancam Tidak  Mendapat Vaksin HPV
Warta Kota
Cinta Laura lakukan vaksin HPV untuk mencegah terkena kanker serviks 

Laporan wartawan Wartakotalive.com, Lilis Setyaningsih

PALMERAH, WARTAKOTALIVE.COM - Kanker serviks satu-satunya kanker yang bisa dicegah lewat vaksinasi.

Terbukti di negara maju, angka kanker serviks menurun dalam beberapa tahun sejak vaksin HPV (Human Papilloma Virus) mulai tersedia tahun 2006.

Di Indonesia Program vaksinasi HPV dimulai dengan program percontohan di Jakarta pada 2016.

Selanjutnya, program serupa mulai dilakukan di beberapa daerah lain, dan pada 2018 telah dilakukan pula di Yogyakarta (Kabupaten Bantul dan Kulon Progo), Surabaya, Makassar, dan Manado. Sayangnya, program tersebut terhambat.

“Vaksinasi HPV anak sekolah harusnya dilakukan bulan November. Tapi hingga saat ini pertengahan Desember, belum juga ada tanda akan segera dilaksanakan,” kata Prof. Andrijono, Sp.OG, pendiri Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks (KICKS), kepada wartawan, Senin (16/12/2019).

Ketua Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia (HOGI) ini memperkirakan, sekitar 120.000 anak perempuan terancam tidak mendapat vaksinasi HPV lanjutan.

Menurut Ketua Umum CISC (Cancer Information and Support Group) dan juga anggota KICKS Aryanthi Baramuli, program percontohan vaksinasi HPV berjalan lancar sejak 2016 dengan cakupan mencapai lebih dari 90 persen.

“Baru kali ini terlambat, karena ada masalah dalam hal ketersediaan vaksin HPV. Hingga saat ini, vaksinnya masih belum tersedia untuk program.

Pemerintah harus lebih mementingkan masa depan putri bangsa dengan segera menyediakan vaksin HPV untuk siswi SD, supaya program bagus ini bisa segera dilanjutkan,” tuturnya.

Halaman
123
Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Andy Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved