Breaking News:

Lingkungan

Jenis Ular di Pasar Kemirimuka Diyakini Sebagai Siluman Dipercaya Kadang Berubah Menjadi Kuntilanak

Danyang adalah nama jenis ular yang dipercayai para pedagang Pasar Kemirimuka sebagai jenis ular yang mendiami pohon randu.

Warta Kota/Vini Rizki Amelia
Kios dagang Sri, yang percaya, dia kerap melihat penampakan ular jadi-jadian di Pasar Kemirimuka, Beji, Depok, Jawa Barat, Selasa (17/12/2019). 

Maraknya kemunculan ular, khususnya ular Kobra di Kota Depok, ternyata tak membuat pedagang Pasar Kemirimuka, Beji, Kota Depok, Jawa Barat tak kaget.

Sri Sumarni (62), misalnya, sejak puluhan tahun berjualan di pasar, yang kini, tengah menjadi sengketa antara Pemerintah Kota Depok dan PT Petamburan Jaya Raya ini, dirinya mengaku, tak aneh dengan adanya fenomena ular.

"Sudah biasa (lihat ular) di pohon randu, ular danyang," kata Sri, saat ditemui wartawan di Pasar Kemirimuka, Beji, Depok, Selasa (17/12/2019).

Danyang adalah nama jenis ular yang dipercayai para pedagang Pasar Kemirimuka sebagai jenis ular yang mendiami pohon randu.

Nyawa Sosok Bayi yang Dilahirkan Tidak Tertolong karena Ibu Mendorong Terlalu Kuat Saat Melahirkan

Meski dalam silsilah ular tak ada jenis tersebut, namun jika diartikan dalam bahasa Jawa, Danyang memiliki makna adalah roh halus tertinggi yang tinggal di pohon, gunung, sumber mata air, mata angin, atau bukit.

Percaya tidak percaya memang, secara akal sehat, hal semacam ini memang sulit diterima, namun tidak demikian dengan para pedagang Pasar Kemirimuka.

"Ular danyang itu ular jadi-jadian, itu enggak boleh dipukul, namanya juga ular gituan, nanti kalau dipukul, kena yang mukul sebagai imbasnya," kata Sri.

Sri pun mengaku sering melihat kehadiran ular danyang ini, sehingga begitu berita kemunculan ular kobra hadir diberbagai daerah, baginya bukanlah hal yang aneh.

"Ya karena memang sudah biasa, saya juga sering melihat di sana, ditumpukkan kayu-kayu," kata Sri.

Polda Metro Membekuk Penceramah Juga Pengobatan Alternatif Husein Alatas karena Dugaan Pencabulan

Meski sering melihat, nyatanya Sri mengaku ular danyang tersebut memiliki waktu-waktu tertentu untuk kemunculannya.

Halaman
1234
Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved