Pelantikan Presiden dan Wapres

TERUNGKAP Pemilik Mobil B 1 RI Halangi Pelantikan Jokowi Raja Pulau Buru, Tokoh Adat Minta Bebaskan

Para tokoh dan masyarakat adat Pulau Buru, Maluku, meminta dan mendesak pemerintah serta Polda Metro Jaya membebaskan Irwannur Latubual.

TERUNGKAP Pemilik Mobil B 1 RI Halangi Pelantikan Jokowi Raja Pulau Buru, Tokoh Adat Minta Bebaskan
Wartakotalive/Budi Sam Law Malau
Irwannur Raja Pulau Buru pemilik mobil B 1 RI yang dianggap menghalangi pejabat negara di pelantikan presiden dan wapres ditahan di Mapolda Metro Jaya 

Para tokoh dan masyarakat adat Pulau Buru, Maluku, meminta dan mendesak pemerintah serta Polda Metro Jaya membebaskan Irwannur Latubual (39), pemilik mobil Nissan Terra B 1 RI, yang hingga kini ditahan di Mapolda Metro Jaya.

Irwannur ditahan sejak Minggu (20/10/2019) lalu, karena dianggap menghalangi pejabat negara yang akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih saat mobilnya diparkir di Hotel Raflesia, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Didalam mobilnya didapati dua buah senjata tajam berupa parang berukuran sekitar satu meter, sehingga ia dijerat Pasal 2 ayat 1 UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951.

Menurut para tokoh adat, Irwannur adalah salah satu Raja di Pulau Buru. Yakni Raja Bual Taun Pulau Buru ke 21, berdasarkan silsilah Kerajaan Intan Kuba Emas Bual Tu Kaleli Kukut Waisama Karang.

 SYAHRINI Ungkap Ibundanya Jago Masak, Boyong Makanan Favoritnya ke Restoran Pawon Bu Cetarrr

 IIS DAHLIA Akhirnya Akui Suaminya Pilot Garuda Selundupkan Brompton dan Harley Davidson, Tapi

 TERUNGKAP Nikita Mirzani Kebingungan saat Didatangi Wanita Tak Dikenal Pinjam Uang, Ini Kisahnya

Karenanya mereka memastikan bahwa parang yang dibawa Irwannur adalah benda pusaka atau parang adat yang mereka sebut Todo.

Sehingga benda itu bukan senjata tajam yang akan dipakai untuk melukai orang seperti yang dituduhkan dalam UU Darurat.

Apalagi dalam adat Pulau Buru, katanya, parang adat atau Todo melekat pada setiap anak laki-laki dan sejak lahir sudah diberikan kepadanya. Sehingga parang adat sangat wajar dibawa oleh setiap pria apalagi keturunan raja, sebagai simbol.

"Jadi kami sebagai orang adat, sangat heran, kenapa polisi menahan beliau. Apalagi beliau adalah salah satu Raja di Pulau Buru. Karenanya kami selaku tokoh adat Pulau Buru, meminta dan mendesak pemerintah Presiden Jokowi, Kapolri, dan Kapolda Metro Jaya untuk membebaskan raja kami," kata Mandaret Latubual, tokoh adat Pulau Buru, kepada Warta Kota, Minggu (15/12/2019).

 PEMILIK Mobil B 1 RI yang Disebut Halangi Pelantikan Jokowi-Amin, Ternyata Bukan Profesor Gadungan

Apalagi kata Mandaret, terbukti bahwa pasal yang diterapkan kepada Irwannur adalah UU Darurat dan sangat tidak tepat dipakai penyidik menjerat Irwannur.

Halaman
1234
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved