Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

Raja Pulau Buru Pemilik Nissan B 1 RI Ditahan di Polda Adalah Relawan Jokowi-Amin

Profesor dengan mobil Nissan Terra B 1 RI ditahan ternyata Raja di Pulau Buru. Dia juga relawan pemenangan Jokowi-Maruf Amin

Wartakotalive/Budi Sam Law Malau
Irwannur Raja Pulau Buru pemilik mobil B 1 RI yang dianggap menghalangi pejabat negara di pelantikan presiden dan wapres ditahan di Mapolda Metro Jaya 

Tokoh Adat Pulau Buru ditahan di Mapolkda Metro Jaya, pemilik mobil Nissan Terra B 1 RI.

Tokoh Adat Pulau Buru Agus Nurlatu menuturkan bahwa Irwannur Latubual (39), pemilik mobil Nissan Terra B 1 RI, yang sejak Minggu (20/10/2019) ditahan di Mapolda Metro Jaya adalah relawan dan tim sukses pemenangan Jokowi-Amin di Pulau Buru, Maluku.

Salah satu Raja di Pulau Buru Irwannur Latubual, yakni Raja Bual Taun Pulau Buru ke 21.

Ia diamankan Polda Metro Jaya karena mobilnya yang diparkir di Hotel Raflesia, Setiabudi, dianggap menghalangi pejabat negara yang akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih di DPR.

TERUNGKAP, Pemilik Mobil Nissan Terra B 1 RI Dikenal Tetangga Seorang Pejabat

Apalagi di dalam mobilnya didapati dua buah senjata tajam berupa parang berukuran sekitar satu meter. Karenanya ia dijerat Pasal 2 ayat 1 UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951.

"Padahal beliau sebagai salah satu Raja menurut adat Pulau Buru, adalah relawan dan tim sukses pemenangan Jokowi-Maruf Amin di Pulau Buru, saat Pilpres lalu. Hasilnya, suara Jokowi-Amin menang mutlak di Pulau Buru," kata Nurlatu, kepada Warta Kota, Minggu (15/12/2019).

Mobil B 1 RI terparkir di depan gedung Jatanras Polda Metro Jaya, Senin (21/10/2019).
Mobil B 1 RI terparkir di depan gedung Jatanras Polda Metro Jaya, Senin (21/10/2019). (Kompas.com/Rindi Nuris Velarosdela)

Karenanya kata Agus Nurlatu, tudingan polisi bahwa Irwannur akan menghalangi pelantikan Jokowi-Amin sebagai Presiden dan Wapres terpilih sangat mengada-ada.

"Lalu dua buah senjata tajam di dalam mobilnya adalah benda pusaka sebagai simbol dia selaku anak Pulau Buru dan raja di Pulau Buru," kata Agus Nurlatu.

Saat diamankan kata Nurlatu, Irwannur baru kembali dari Pulau Buru malam sebelumnya, dan menginap di hotel Raffles, Setiabudi, Jakarta Selatan.

"Dia ke Pulau Buru dalam rangka menciptakan suasana kondusif di Pulau Buru, jelang pelantikan Jokowi sebagai Presiden. Saat hendak kembali ke Jakarta, belau membawa dua parang adat miliknya yang melekat padanya. Parang adat itu adalah benda pusaka raja, bukan senjata tajam untuk melukai seperti di UU Darurat," paparnya.

Professor Pemilik Nissan B1 RI Ditahan, dari Beli Undangan Sampai Punya Senjata Tajam

Minta dibebaskan

Karennaya para tokoh dan masyarakat adat Pulau Buru, Maluku, meminta dan mendesak pemerintah serta Polda Metro Jaya membebaskan Irwannur Latubual (39), pemilik mobil Nissan Terra B 1 RI, yang hingga kini ditahan di Mapolda Metro Jaya.

Irwannur ditahan sejak Minggu (20/10/2019) lalu, karena dianggap menghalangi pejabat negara yang akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih saat mobilnya diparkir di Hotel Raflesia, Setiabudi, Jakarta Selatan.

kiri - Irwannur Latubual Raja Pulau Buru dengan pakaian adat, kanan- para tokoh adat Pulau Buru minta Irwannur dibebaskan
kiri - Irwannur Latubual Raja Pulau Buru dengan pakaian adat, kanan- para tokoh adat Pulau Buru minta Irwannur dibebaskan (istimewa)

Di dalam mobilnya didapati dua buah senjata tajam berupa parang berukuran sekitar satu meter, sehingga ia dijerat Pasal 2 ayat 1 UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved