Travel

Media Outing Kalbe, Menengok Destinasi Wisata Menarik di Padang, Mulai Lembah Anai hingga Jam Gadang

ANDA sedang merencanakan liburan akhir tahun ke sebuah lokasi dengan destinasi wisata yang cukup lengkap? Cobalah ke Kota Padang. Ada apa di sana?

Media Outing Kalbe, Menengok Destinasi Wisata Menarik di Padang, Mulai Lembah Anai hingga Jam Gadang
Wartakotalive.com/Mochammad Dipa
Perajin tenun songket Pandai Sikek Hj Erna Yulnita yang juga pemilik toko Satu Raya Pandai Sikek, menunjukkan cara menenun menggunakan alat tenun songket. 

Lembah Anai merupakan air terjun di tepi Jalan Raya Padang-Bukittinggi di kaki Gunung Singgalang.

Air Terjun Lembah Anai merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah, anak Sungai Batang Anai yang berhulu di Gunung Singgalang di ketinggian 400 Mdpl.

ANDA sedang merencanakan liburan akhir tahun ke sebuah lokasi dengan destinasi wisata yang cukup lengkap?

Kota Padang bisa menjadi salah satu alternatifnya. Ibu Kota Sumatera Barat ini memiliki berbagai lokasi wisata menarik yang wajib dikunjungi.

Wartakotalive.com bersama 24 media lainnya berkesempatan mengunjungi beberapa destinasi menarik di Kota Padang dalam acara Media Outing Kalbe 2019 yang diadakan PT Kalbe FarmaTbk selama tiga hari, 13-15 Desember 2019.

Bak Benteng Pertahanan, Kawasan Wisata Lembah Harau Dijaga Tebing Tinggi dengan Keindahan Air Terjun

Perankan Habibie Usia Tua, Reza Rahadian 7 Jam Pakai Prostetik Wajah Agar Tampak Mirip

Terjaring Razia, Puluhan Mobil di PIK Avenue Ditempeli Stiker Penunggak Pajak

Head External Communication of Kalbe Group Hari Nugroho foto bersama para peserta Media Outing Kalbe 2019 dengan latar air terjun Lembah Anai, Bukittinggi, Padang, Sumatera Barat, Jumat (13/12/2019).
Head External Communication of Kalbe Group Hari Nugroho foto bersama para peserta Media Outing Kalbe 2019 dengan latar air terjun Lembah Anai, Bukittinggi, Padang, Sumatera Barat, Jumat (13/12/2019). (Istimewa)

Dalam kegiatan tersebut, peserta Media Outing Kalbe 2019 mengawali aktivitasnya dengan berkunjung ke lokasi wisata Lembah Anai setelah tiba di Bandara Internasional Minangkabau, Jumat (13/12/2019).

Lembah Anai merupakan air terjun di tepi Jalan Raya Padang-Bukittinggi di kaki Gunung Singgalang.

Air Terjun Lembah Anai merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah, anak Sungai Batang Anai yang berhulu di Gunung Singgalang di ketinggian 400 Mdpl.

Pemandangan ini mampu menarik hati siapapun yang melewatinya sejenak berhenti dan menikmati keindahan alamnya.

Tempat wisata Padang ini akan sangat menantang saat musim hujan tiba, saat di mana debit air melonjak naik dan percikan air terjunnya bahkan bisa terasa di sisi jalan raya.

Dari area air terjun setinggi 35 meter ini terlihat juga perbukitan hijau yang menjulang tinggi.

Di sisi lainnya terdapat rangkaian rel kereta tua yang berkelok melintas di atas jalan raya, letaknya tak jauh dari air terjun Lembah Anai ini.

Sungguh, sebuah paduan panorama yang unik dan cantik.

Perajin tenun songket Pandai Sikek Hj Erna Yulnita yang juga pemilik toko Satu Raya Pandai Sikek, menunjukkan cara menenun menggunakan alat tenun songket.
Perajin tenun songket Pandai Sikek Hj Erna Yulnita yang juga pemilik toko Satu Raya Pandai Sikek, menunjukkan cara menenun menggunakan alat tenun songket. (Wartakotalive.com/Mochammad Dipa)

Pandai Sikek, makin sulit makin mahal

Selanjutnya perjalanan beralihr ke Pandai Sikek untuk melihat salah satu perajin tenun songket khas Sumatera Barat.

Pandai Sikek merupakan salah satu nagari di Kecamatan Sepuluh Koto, Tanah Datar, Sumatera Barat. Nagari ini telah dikenal dengan kekhasan motif songket yang dimilikinya sejak masa lampau

Salah satu perajin tenun songket Pandai Sikek Hj Erna Yulnita yang juga pemilik toko Satu Raya Pandai Sikek menuturkan, untuk tenun Songket khas Sumatera Barat memiliki 350 macam motif, di antaranya ada motif Pucuk Rabuang, Batang Pinang, dan Itiak Pulang Patang.

"Untuk (songket) Sumatera barat memakai motif minang yang dominasi warna merah, hitam, kuning, marun, biru dan hijau," ujar Erna.

Perempuan yang sudah menjadi perjin songket Pandai Sikek selama 35 tahun ini mengatakan untuk harga tenun songket Pandai Sikek bervariasi, mulai dari harga Rp 2 juta hingga Rp 15 juta.

"Semakin sulit motif yang dibuat makin mahal harganya," kata Erna.

Erna mengaku, tenun songket Pandai Sikek kepopulerannya sudah mendunia, karena sudah diekspor keluar negeri.

"Ekspor ke Belanda dan Jerman," sebutnya.

Obyek wisata Jam Gadang di Kota Bukittinggi, Padang, Sumatera Barat, Jumat (13/12/2019).
Obyek wisata Jam Gadang di Kota Bukittinggi, Padang, Sumatera Barat, Jumat (13/12/2019). (Wartakotalive.com/Mochammad Dipa)

Jam Gadang

Selanjutnya awak media diajak ke lokasi Jam Gadang yang ada di Kota Bukittinggi.

Sebutan 'Gadang' sendiri diambil dari bahasa Minangkabau yang memiliki arti 'besar', sehingga Jam Gadang adalah menara tinggi besar dengan wujud atap seperti rumah khas Minang. 

Penulis: Mochammad Dipa
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved