Pameran

Jelang Hari Pengakuan Keris Dunia 2020, Museum Pusaka & Astajaya Gelar Pameran

Jelang Hari Pengakuan Keris Dunia 2020, Museum Pusaka & Astajaya Gelar Pameran. Simak selengkapnya

Istimewa
Ketua Astajaya 

MUSEUM Pusaka menggelar pameran keris menjelang hari pengakuan keris dunia 2020.

Pameran yang digelar bekerjasama dengan
komunitas pelestari keris di Jakarta bernama Astajaya (Ajang Silaturahmi Tosan Aji Jakarta Raya) itu sekaligus mencanangkan Year of Keris Legacy 2020 (YKL20).

Pameran Pesona Keris Ganan digelar di TMII, Jakarta Timur, Jumat (13/12/2019).

Persikota Menargetkan Meraup Poin Penuh Tiga Angka Melawan Karo FC Saat Bertanding di Pekanbaru

Ketua umum Astajaya, Cakra Wiyata, mengatakan, YKL20 merupakan penghargaan kepada para tokoh-tokoh pendahulu pelestari Keris di Indonesia.

Dalam hal ini sosok Haryono Haryo Guritno, tokoh yang berhasil mengangkat proposal keris untuk diakui oleh Unesco sebagai warisan dunia pada tahun 2005 diangkat menjadi tokoh utama dalam event penghargaan ini.

"Kami sebagai komunitas pelestari Keris merasa wajib untuk mengambil tongkat estafet dan meneruskan warisan ini untuk disebarkan kepada masyarakat luas. Sebelumnya Museum Pusaka ini dulu dibuat oleh Ibu Tien Suharto (alm) karena menerima koleksi keris haji mas Agung, sehingga museum Pusaka adalah tempat yang tepat untuk menggelar acara ini" ujar Cakra Wiyata.

Persikota Menargetkan Meraup Poin Penuh Tiga Angka Melawan Karo FC Saat Bertanding di Pekanbaru

"Menuju acara puncak di bulan November 2020 dimana dunia telah mengakui Keris sebagai Warisan Dunia melalui Unesco, sepanjang tahun kedepan kami menggelar berbagai acara pameran keris, talk show, lomba membuat keris, lomba fotografi, lomba video 1 menit untuk sosialisasi di media sosial juga lomba desain keris dengan tema yang sebelumnya disampaikan oleh presiden Jokowi dengan filosofi ‘SDM Unggul Indonesia Maju’ dan pemenang utama akan dijadikan keris asli, yang akan kami tampilkan pada penghujung acara Year of Keris Legacy 2020," imbuhnya.

Astajaya memiliki keinginan untuk menyebarluaskan keris sebagai warisan budaya dunia, dengan mengadakan pameran Keris Ganan dan Kick off YKL20.

Citra Yunita Mengenalkan Lagu Noh Noh, Liriknya Curahan Hati Saat Jatuh Cinta dengan Saipul Jamil?

Astajaya Bersama Museum Pusaka berharap dapat menciptakan momentum agar semua insan perkerisan dan umum, khususnya Generasi Mileniall dan Gen Z, untuk dapat terlibat langsung untuk mengenal keris lebih dekat.

"Tidak mungkin Museum atau Komunitas bekerja sendiri untuk membudayakan keris yang masih dianggap memiliki sesuatu hal negatif didalamnya. Kami ingin menyebarkan pengenalan akan Keris yang sesungguhnya kepada generasi penerus. Diharapkan kegiatan ini dapat memicu berbagai inisiatif lain dari berbagai komunitas maupun individu di sepanjang tahun kedepan," katanya.(cc)

Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved