Berita Video

VIDEO: DKI Izinkan Festival DWP dengan Pendapat Pajak Sekitar Rp 10 miliar

“Ada dua objek pajak yang dikenakan pertama dari makan-minum sebesar 10 persen dan kedua pajak hiburan 20 persen,”

VIDEO: DKI Izinkan Festival DWP dengan Pendapat Pajak Sekitar Rp 10 miliar
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Pemprov DKI Jakarta tetap mengizinkan pelaksanaan festival Djakarta Warehouse Project 2019 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat. 

Meski mendapat penolakan karena dianggap mengandung unsur maksiat, Pemprov DKI Jakarta tetap mengizinkan pelaksanaan festival Djakarta Warehouse Project 2019 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat. Festival Electronic Dance Music terbesar di Asia Tenggara itu akan dilaksanakan selama tiga hari dari Jumat (13/12/2019) sampai Minggu (15/12/2019).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Alberto Ali mengatakan, pendapatan asli daerah (PAD) yang diterima pemerintah daerah diprediksi sekitar Rp 10 miliar. Nilai sebesar itu diperoleh dari pengalaman pelaksanaan Festival DWP pada 2017 lalu.

“Ada dua objek pajak yang dikenakan pertama dari makan-minum sebesar 10 persen dan kedua pajak hiburan 20 persen,” kata Alberto saat jumpa pers di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat pada Jumat (13/12/2019) siang.

Alberto merinci, untuk pajak makan-minum yang diperoleh dalam acara itu mencapai Rp 2,5 miliar, sedangkan pajak hiburan sebesar Rp 7,5 miliar. Dengan demikian, PAD yang diterima Pemprov DKI dari pelaksanaan DWP pada 2017 lalu selama tiga hari mencapai Rp 10 miliar.

"Tahun 2017 lalu DWP memberikan masukan Rp 10 miliar," ucapnya.

Seperti diberitakan, organisasi masyarakat dari Gerakan Pemuda Islam (GPI) berunjuk rasa di depan gedung Balai Kota DKI Jakarta pada Kamis (12/12/2019). Mereka mendesak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mencabut izin pelaksanaan Festival DWP di JIEXPO Kemayoran.

Mereka memandang penyelenggaraan festival itu disinyalir mengandung unsur maksiat. Mereka juga menuding penyelenggaraan acara musik itu memberi ruang kepada masyarakat untuk melakukan seks bebas, peredaran narkoba dan minuman berakohol.

Penyelenggaraan DWP merupakan event tahunan yang kini menginjak ke-11. Pelaksanaan DWP pada 2018 lalu dilakukan di Bali, namun pada 2019 ini dilaksanakan di DKI Jakarta. (faf)

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved