Simak Tips Agar Rumah Tak Dihampiri Ular Kobra

Terdapat beberapa cara untuk menghindari kawasan di luar maupun dalam rumah dihinggapi ular kobra sebelum bertelur.

Simak Tips Agar Rumah Tak Dihampiri Ular Kobra
ISTIMEWA
Petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta menemukan ular kobra, saat melakukan gerebek sampah di sekitar Kali Pesanggrahan, Taman Kedoya Permai Blok C, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (1/2/2018). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Rangga Baskoro

PALMERAH, WARTAKOTALIVE.COM - Peneliti Reptil dari Pusat Penelitian Biologi LIPI Amir Hamidy menjelaskan bahwa awal musim penghujan merupakan waktu di saat anak ular kobra mulai menetas dari telurnya.

Terdapat beberapa cara untuk menghindari kawasan di luar maupun dalam rumah dihinggapi ular kobra sebelum bertelur.

"Untuk menghindari masuknya ular ke rumah dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan rumah. Gunakan pembersih lantai dengan aroma yang menyegat karena ular tidak suka dengan bau yang tajam," terang Amir saat dikonfirmasi, Jumat (13/12).

Selain itu, hindari meninggalkan sampah bekas makanan di rumah.

Hal itu sangat penting dilakukan lantara sampah tersebut sampah sisa makanan bisa mengundang tikus yang merupakan salah satu mangsa ular.

Kemudian, ia juga mengingatkan untuk selalu bersihkan rumah dari tumpukan barang-barang, termasuk perkarangan rumah dari tumpukan daun-daun kering atau material yang menumpuk.

“Tempat tempat itu bisa menjadi tempat persembunyian ular.”

Dirinya menjelaskan, prinsip pengendalian populasi ular tentunya perlu memperhatikan keseimbangan ekosistem sehingga tidak menimbulkan permasalahan ekologi.

Untuk keamanan manusia, pemindahan ular bisa dilakukan dengan pendampingan dari petugas yang berwenang dan memiliki pengetahuan untuk menangani ular berbisa.

Khusus bagi masyarakat yang tinggal di Jakarta Timur, penanganan evakuasi ular kobra bisa dilakukan dengan cara menguhubungi Suku Dinas Penanggulanan, Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur di nomor WhatsApp 0822 9797 0113 atau 112 dan 021 8590 4904. (abs)

Halaman
1234
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved