Natal dan Tahub Baru 2020

Kerawanan Jelang Natal dan Tahun Baru 2020 Menurut Menko Polhukam Mahfud MD, Apa Saja?

Beberapa hal yang menjadi atensi kerawanan Natal dan tahun baru di antaranya adalah ancaman terorisme, kelancaran arus mudik, serta gangguan kamtibmas

Kerawanan Jelang Natal dan Tahun Baru 2020 Menurut Menko Polhukam Mahfud MD, Apa Saja?
dok korlantas polri
Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Drs. Istiono, M.H., beserta jajarannya melakukan survei jalan dalam rangka kesiapan para personilnya menghadapi arus mudik Natal dan Tahun 2020. 

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan ( Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan sejumlah kerawanan selama libur Natal dan tahun baru 2020.

Hal itu diungkapkan Mahfud dalam rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka pengamanan Natal dan tahun baru 2020 di Auditorium Mutiara Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan, Jumat (13/12/2019).

Menko Polhukam Mahfud MD
Menko Polhukam Mahfud MD (TRIBUNNEWS/SENO TRI SULISTIYONO)

"Beberapa hal yang menjadi atensi kerawanan Natal dan tahun baru di antaranya adalah ancaman terorisme, kelancaran arus mudik, serta gangguan kamtibmas. Itu berdasarkan pengalaman tahun-tahun lalu," ungkap Mahfud.

Sambut Perayaan Natal, Jauh-jauh Hari Presenter Astrid Tiar Siapkan Seekor Kalkun untuk Menu Spesial

Jelang Natal dan Tahun Baru: Menhub Ramp Check Soekarno-Hatta, AP II Buka Posko Digitalisasi

 Ia mengatakan, kegiatan masyarakat selama libur akhir tahun tersebut juga memengaruhi potensi kerawanan keamanan masyarakat.

Maka dari itu, hal-hal tersebut juga perlu diantisipasi. "Aksi-aksi ancaman teror, sweeping swasta oleh oknum tertentu, intoleransi antar-umat beragama, hingga pembakaran rumah ibadah harus diantisipasi sedini mungkin," ujar dia.

Sejumlah peristiwa yang terjadi sebelumnya disebutkan menjadi pertimbangan untuk mengantisipasi ancaman.

Misalnya, kejadian penusukan terhadap Menko Polhukam terdahulu Wiranto serta bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara, beberapa waktu lalu.

FAKTA Terbaru PT Pertamina Memiliki 142 Anak Cucu Perusahaan, Ini yang Akan Dilakukan Erick Thohir

"Untuk itu, perlu peningkatan pengamanan pada tempat ibadah, tempat wisata, dan tempat keramaian. Sehingga, seluruh masyarakat merasa aman dan terlindungi dengan kehadiran pemerintah," tutur dia.

Pertimbangan lainnya adalah gangguan kamtibmas pada tahun 2018 mengalami peningkatan sebesar 27,49 persen dibanding tahun sebelumnya.

Selain itu, adanya sejumlah infrastruktur baru yang beroperasi pada Natal dan tahun baru 2020.

Halaman
12
Editor: Wito Karyono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved