SEA Games 2019

Ini Rahasianya Sambo Indonesia Rebut 4 Medali Emas SEA Games 2019

Cabor Sambo sukses menyita perhatian masyarakat Indonesia bahkan pemerintah, setelah sukses memborong 4 emas di Sea Games 2019 di Filipina.

Ini Rahasianya Sambo Indonesia Rebut 4 Medali Emas SEA Games 2019
KOMPAS.com/Farida Farhan
Mutiara (biru), atlet Sambo Indonesia, saat bertanding dengan peserta asal Syria di Turkmenistan, Turkey. Mutiara absen mengikuti UNBK pada hari ketiga lantaran ikut pemanasan Asean Games di Jakarta. 

Cabor Sambo sukses menyita perhatian masyarakat Indonesia bahkan pemerintah, setelah sukses memborong 4 emas di Sea Games 2019 di Filipina.

Bagaimana tidak, cabor sambo sebenarnya hanya di targetkan meraih 1 medali emas. Namun para atlet sambo ternyata berambisi untuk meraih lebih banyak emas dari target yang diberikan.

Jefri topan sinambela, pelatih pelatnas sambo Indonesia di Sea Games Filipina pun angkat bicara dan membocorkan rahasia timnya.

Tidak Populer, Sambo Beri 3 Medali Emas untuk Indonesia, Olahraga Apakah Itu?

"Kami memang hanya ditarget 1 emas, saya juga kaget, dan saya lihat pemain kami sangat bersemangat dan berambisi sekali. Saya tidak menyangka kami akan memperoleh 4 emas. Bahkan sebenarnya kami dapat peroleh 5 emas, namun salah satu atlet kami terlambat panas mempersiapkan diri,"ujar Jefri.

Ia mengatakan kunci suksesnya adalah merubah mindset para pemainnya.

"Dalam latihan kami merubah mindset mereka. 'Tak perlu takut kepada lawan, bermainlah dengan baik, berlatihlah dengan keras',"ujar Jefri.

Osvaldo Haay Akui Dilirik Klub Asing Usai Tampil Apik di SEA Games 2019

Ia mengatakan bahwa mental untuk tidak demam panggung serta tidak takut menjadi kunci sukses anak asuhnya.

Namun, ada kisah dibalik merubah persepsi anak asuhnya. Jefri menuturkan, bahwa para pemainnya berasal dari beraneka seni beladiri dan agak sulit untuk menyamakan persepsi pemainnya.

"Mereka ada dari Wushu, Gulat, Karate, dan pada awalnya sedikit susah untuk merubah mindset mereka. Mungkin karena mereka sudah menjadi juara pada bidang masing-masing. Namun sambo berbeda, saya jelaskan kepada mereka. Dan syukurlah akhirnya semua berjalan dengan baik," terangnya.

Ia pun berharap dengan raihan ini, sambo dapat menjadi cabor yang berkontribusi kepada negara.

Penulis: Rafzanjani Simanjorang
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved