Kabinet Jokowi

Wacana PNS hanya Empat Hari Kerja, Sofyan Djalil : Kalau Bisa Tujuh Hari Kerja

Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil merasa para pegawainya dirasa belum butuh bekerja hanya 4 hari. Ini penjelasannya

Wacana PNS hanya Empat Hari Kerja, Sofyan Djalil : Kalau Bisa Tujuh Hari Kerja
Tribunnews/Dany Permana
Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil 

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan Djalil, menyebut bahwa instansinya tidak menerapkan sistem kerja pegawai BPN yang hanya empat hari kerja dalam satu minggu.

Sofyan Djalil menyebutkan pelayanan BPN harus 7 hari kerja

Apalagi saat ini pelayanan BPN belum digitalisasi

"Saya pikir tren akan mengikuti. Tetapi banyak pelayanan BPN untuk saat ini belum bisa digitalisasi. Harus ada orang, bahkan kalau bisa 7  hari kerja," kata Sofyan Djalil usai acara Media Gathering Kementerian ATR/BPN, di kawasan Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (11/12/2019).

HOREE! PNS Era Industri 4.0 Bisa Kerja dari Rumah, Jam Kerja PNS Fleksibel Berlaku Single salary

Salah satunya untuk pelayanan BPN. Dimana masyarakat masih harus datang ke Kantor BPN.

Meskipun nantinya masuk pada sistem digitalisasi, pihaknya belum akan menerapkan hanya empat hari kerja tersebut.

"Sebagai tren, kalau semua sudah digitalisasi kita bisa ikutin. Hari Jumat misalnya, tidak ada pelayanan. Sehingga orang menyadari kalau mau ke BPN dari Senin sampai Kamis, tapi (sampai saat ini) belum," jelas Sofyan.

Asik Banget, Jam Kerja PNS Jadi Lebih Pendek Selama Ramadan

Diberitakan sebelumnya, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sedang mengkaji soal jam kerja PNS, sehingga dimungkinkan untuk mendapatkan penambahan libur menjadi Jumat, Sabtu dan Minggu.

Wacana libur tiga hari sepekan itu dibahas dalam kegiatan Kickoff Meeting Pilot Project Manajemen Kinerja PNS di KemenPAN RB pada Selasa (3/12/2019).

Kepala BPN Sofyan Djalil mengadakan media gathering di kawasan Blok M, Rabu (11/12/2019)
Kepala BPN Sofyan Djalil mengadakan media gathering di kawasan Blok M, Rabu (11/12/2019) (Wartakotalive/Mohamad Yusuf)

Saat ini sedang disiapkan mengenai konsep Flexible Working Arrangement (FWA) yang nantinya PNS bisa melakukan pekerjaan dengan tempat, waktu, dan cara kerja yang fleksible.

Namun, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo, Selasa (10/12/2019), memastikan, tak ada lagi pengurangan jam kerja pegawai negeri sipil (PNS).

Tjahjo Kumolo menilai, PNS Indonesia sudah terlalu banyak libur.

"Jangan kebanyakan libur. Sabtu, Minggu sudah libur kok. Mosok minta tambahan. Sabtu-Minggu sudah cukup," ujar Tjahjo Kumolo di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (10/12/2019).

Selain itu, kata Tjahjo Kumolo, sudah banyak hari-hari libur yang didapatkan para PNS. Mulai dari hari raya, izin menikah, izin hamil, izin sakit, hingga izin beribadah.

"Masa mau minta tambah libur?" ujar Tjahjo Kumolo.

Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved