Pengantin Pesanan

Selamatkan Seorang WNI Korban Pengantin Pesanan di China, Baim Wong Diajak Jadi Duta LPSK

Selamatkan Seorang WNI Korban Pengantin Pesanan di China, Baim Wong Diajak Jadi Duta LPSK.

LPSK
Selamatkan Seorang WNI Korban Pengantin Pesanan di China, Baim Wong Diajak Jadi Duta LPSK. Baim Wong saat menerima penghargaan dari LPSK di Jakarta, Selasa (10/12/2019). 

Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) memberi ucapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada artis Muhammad Ibrahim atau yang lebih dikenal publik dengan nama Baim Wong.

Baim Wong diketahui telah melakukan aksi kemanusiaan dengan menolong seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang diduga menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Saat itu, ia membantu proses kepulangan seorang WNI dari Hong Kong kembali ke tanah air dengan cara membelikannya tiket pulang setelah mendengarkan cerita bahwa korban benar-benar memerlukan pertolongan.

WNI tersebut diduga menjadi korban pengantin pesanan di China. Ia kini telah resmi dilindungi LPSK sesuai dengan kewenangan yang diberikan oleh UU No 31 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Saksi dan Korban.

Tindak Pidana Perdagangan Orang merupakan salah satu tindak pidana yang menjadi perhatian LPSK.

Atas upayanya, Tim LPSK yang dipimpin oleh Wakil Ketua LPSK Antonius PS Wibowo dan Achmadi menemui secara langsung Baim Wong di salah satu tempat restoran di bilangan Jakarta, Selasa (10/12/2019). .

Dalam kesempatan itu LPSK memberikan apresiasi dalam bentuk surat resmi untuk menyampaikan rasa terima kasih.

Selain surat, Baim Wong juga menerima kenang-kenangan berupa plakat serta suvenir.

“Atas perhatian dan kontribusi Saudara dalam perlindungan terhadap korban tersebut, LPSK menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya, LPSK berharap Saudara dapat terus berperan aktif dan berpartisipasi dalam perlindungan terhadap Saksi dan Korban," katanya

"Semoga kebaikan Saudara dapat menginspirasi masyarakat luas untuk ikut berperan dalam melindungi saksi dan korban yang membutuhkan perlindungan” lanjut Baim saat membacakan penggalan surat LPSK yang diterimanya.

Baim sendiri mengaku terkejut saat menerima apresiasi dari LPSK, dirinya tidak menyangka bahwa tindakan itu membuat dirinya diganjar penghargaan dari lembaga negara.

Menurutnya apa yang dilakukannya murni sebuh tindakan kemanusiaan yang seringkali dilakukannya meskipun dengan latar belakang kasus yang berbeda.

Selanjutnya suami Paula Verhouven ini mengaku akan menyambut positif ajakan untuk menjadi duta LPSK namun dirinya mengaku ingin mempelajari lebih jauh tentang dunia perlindungan saksi dan korban.

Untuk itu, dirinya berjanji akan bertandang ke kantor LPSK di lain kesempatan sekaligus mempromosikan LPSK dan isu perlindungan saksi dan korban tindak pidana di Indonesia.

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved