Breaking News:

Dunia Penerbangan Indonesia Siap Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Bandar Udara Soekarno Hatta telah menerapkan transformasi digital layanan terhadap pelayanan dan keamanan bagi para penumpang dan stakeholder terkait.

Editor: Ichwan Chasani
Dok. AP II
Bandara Soekarno Hatta telah menerapkan transformasi digital untuk aspek pelayanan dan operasional di antaranya lewat Airport Operation Control Center (AOCC). 

JAKARTA — Saat ini industri dunia telah menghadapi revolusi industri 4.0 yang merupakan konsep automisasi oleh mesin tanpa memerlukan tenaga manusia dalam pengaplikasiannya. Dimana hal tersebut untuk efisiensi waktu, tenaga dan biaya.

Industri penerbangan Indonesia saat inipun telah mengadopsi revolusi industri 4.0, salah satunya  Bandar Udara Soekarno Hatta yang telah menerapkan transformasi digital layanan terhadap pelayanan dan keamanan bagi para penumpang dan stakeholder terkait.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti mengapresiasi terobosan  yang dilakukan Bandar Udara Soekarno Hatta sebagai bandara terbesar di Indonesia dan salah satu bandara yang masuk dalam urutan 18  kategori bandara tersibuk di dunia tahun 2018.

“Kami mengapresiasi perubahan besar yang telah dilakukan Bandara Soekarno Hatta atas transformasi melalui  digitalisasi pelayanan dan keamanan industri penerbangan. Semua hal ini dilakukan untuk mengikuti perkembangan teknologi yang terus berkembang sangat cepat di dunia saat ini,” ungkap Polana dalam pernyataan resminya, Rabu (11/12/2019).

Bandar Udara Sokarno Hatta diharapkan dapat menjadi role model untuk bandara lain yang sehingga dapat mengikuti transformasi digitalisasi  yang telah di terapkan.

“Kami mendorong tidak hanya Bandara Soekarno hatta yang bertrasformasi untuk menghadapi revolusi 4.O kami berharap bandara – bandara lain dapat  mengikuti terobosan  yang telah dilakukan bandara Soekarno Hatta, terutama bandara – bandara besar yang ada di Indonesia,” tutup Polana.

Bandara Soekarno Hatta telah menerapkan transformasi digital untuk aspek pelayanan dan operasional di antaranya lewat Airport Operation Control Center (AOCC).
Bandara Soekarno Hatta telah menerapkan transformasi digital untuk aspek pelayanan dan operasional di antaranya lewat Airport Operation Control Center (AOCC). (Dok. AP II)

Untuk di ketahui, Bandara Soekarno Hatta telah menerapkan transformasi digital untuk aspek pelayanan dan operasional di antaranya Airport Operation Control Center (AOCC).

Gedung AOCC yang terletak di komplek Bandara Soekarno Hatta dimana personel yang bertugas berasal dari Otoritas Bandara Wilayah I Soekarno Hatta, PT. Angkasa Pura II, Bea dan Cukai serta seluruh stakeholder penerbangan di wilayah Soekarno Hatta.

Berikutnya adalah Terminal Operation Center (TOC). TOC terletak di seluruh terminal di Bandara Soekarno Hatta adalah pos komando untuk memantau unit operasional, keamanan dan pelayanan berjalan dengan baik.

Selanjutnya adalah Self Boarding Gate. Bandara Soekarno Hatta telah menyediakan self boarding gate di Terminal 3 Soekarno-Hatta agar operasional maskapai dapat lebih efisien dan efektif

Dan akan semakin bertambah lagi pelayanan digital yang di terapkan di Bandar Udara Soekarno Hatta. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved