Berita Jakarta

BPOM Temukan Krim Pembesar Alat Vital Hingga Obat Pelangsing yang Dijual Ilegal Lewat Online

BPOM gerebek gudang berisi kosmetik, obat dan makanan ilegal di Jalan Agung Karya IV, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

BPOM Temukan Krim Pembesar Alat Vital Hingga Obat Pelangsing yang Dijual Ilegal Lewat Online
Wartakotalive/Junianto Hamonangan
BPOM RI ungkap sebuah gudang berisi kosmetik, obat dan makanan ilegal di Jalan Agung Karya IV, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (10/12/2019). 

BADAN Pengawas Obat dan Makanan - BPOM gerebek gudang berisi kosmetik, obat dan makanan ilegal di Jalan Agung Karya IV, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pantauan di lokasi, barang-barang ilegal di tempat penyimpanan itu di antaranya krim pembesar alat vital, obat pelangsing, pelembab wajah, dan lain-lain.

Kepala BPOM RI Penny R. Lukito mengatakan gudang itu milik PT Boxme Fulfillment Centre, dengan pihak yang diduga pasarkan obat dan kosmetik ilegal adalah PT 2WTRADE.

"Jadi ini temuan yang penting ya, karena memang selama ini sudah ditengarai suatu tantangan obat dan makanan untuk Badan POM yaitu peredaran secara online," kata Penny di lokasi, Selasa (10/12).

Penny menambahkan barang-barang tersebut dinyatakan ilegal karena terbukti tidak memperoleh izin edar dari BPOM. Sehingga tidak ada jaminan kesehatan bagi masyarakat dalam hal ini konsumen.

"Mereka mengedarkan obat dan makanan yang tidak legal yang tidak mendapatkan izin edar dari Badan POM," kata Penny.

Sementara itu BPOM sedang menelusuri asal usul barang-barang ilegal itu.

Apakah benar-benar diimpor atau diproduksi tanpa izin di dalam negeri.

BPOM berhasil mengamankan ratusan ribu barang-barang ilegal dari gudang itu yang terdiri dari 43.071 kosmetik, 58.355 obat tradisional, 127.281 pangan ilegal.

Adapun pengungkapan gudang berisi barang-barang ilegal ini tindak lanjut dari kasus serupa di tiga gudang lainnya di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Selatan.

Halaman
123
Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved