Jakarta Banjir

Koordinasi dengan BMKG dan Pantau 24 Jam Pintu Air Manggarai

Operator Pintu Air Manggarai Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta sebut pihakya terus berkoordinasi dengan BMKG dalam informasi cuaca hujan

Koordinasi dengan BMKG dan Pantau 24 Jam Pintu Air Manggarai
Wartakotalive.com/Rizki Amana
Tinggi permukaan air di Pintu Air Manggarai pada Senin (9/12/2019). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Rizki Amana

MANGGARAI, WARTAKOTALIVE.COM - Operator Pintu Air Manggarai Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta sebut pihakya terus berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam informasi cuaca hujan dengan intensitas tinggi yang melanda kawasan Bogor, Jawa Barat.

Operator Pintu Air Manggarai Dinas SDA Jakarta, Fajar mengatakan, koordinasi itu bertujuan dalam mengantisipasi datangnya arus kiriman air dari Bendungan Katulampa ke Pintu Air Manggarai.

Serta penyiagaan oleh pihaknya dalam memastikan arus air yang bakal dialirkan ke sungai-sungai hilir di Jakarta.

"Kita kerjasama juga sama BMKG. Jadi ada info dari BMKG perkiraan nanti tanggal berapa atau bulan apa memasuki musim penghujan atau puncak musim penghujan," kata Fajar saat dtemui di Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, Senin (8/12/2019).

Adapun ia menjelaskan, meski tinggi permukaan air di Pintu Air Manggarai masih berstatus Siaga IV, pihaknya tetap melakukan pengawasan dalam kurun waktu 24 jam.

Menurutnya, para personel Dinas SDA secara bergantian berjaga di pintu air meski musim penghujan tak lagi melanda di kawasan Jakarta dan sekitarnya.

"Kita disini siaga saja terus 24 jam. Walaupun, ibaratnya mau panas, ujan kita pasti standby pantau terus," jelasnya.

Seperti diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan musim penghujan bakal melanda kawasan Jakarta dan sekitarnya sejak akhir November 2019 dan awal Desember 2019.

Sedangkan puncak musim penghujan di Jakarta, diprediksi BMKG bakal terjadi di bulan Februari 2020. (m23)

Penulis: Rizki Amana
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved