Breaking News:

Dorong Pengembangan Usaha, Bank DKI Beri Pinjaman Modal Pada Wirausaha IKM

Kredit modal Bank DKI disalurkan kepada sejumlah wirausaha IKM yang telah mengikuti program pelatihan kewirausahaan industri terpadu

Penulis:
Editor: M Nur Ichsan Arief
warta kota/nur ichsan
Micro Unit Head Bank DKI, Indra A Perdana, bersama Tim Pengembangan Kewirausahaan Terpadu Bank DKI, Fernando Parsaoran didampingi Petugas Pendamping IKM Binaan Sudin PE Jakarta Barat, Giri Satrio, saat sedang melakukan pendataan salah satu wirausaha IKM, Ny Rosmalidah di wilayah Kelurahan duri Selatan. 

WARTA KOTA, TAMBORA  -------  Wirausaha industri kecil menengah (IKM) binaan Sudin Perindustrian dan Energi Jakarta Barat, di wilayah Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, mendapat angin segar, pasalnya Bank DKI mendorong pengembangan usaha mereka dengan pemberian kredit modal usaha.

Kredit modal Bank DKI disalurkan kepada sejumlah wirausaha IKM yang telah mengikuti program pelatihan kewirausahaan industri terpadu yang digelar Suku Dinas (Sudin) Perindustrian dan Energi (PE) Jakarta Barat.

Menurut Micro Unit Head Bank DKI, Indra A Perdana, pinjaman modal bagi wirausaha IKM beresiko rendah lantaran peminjam telah dibekali pengembangan usaha dari Sudin PE Jakarta Barat.

"Kredit ini yang akan kita salurkan ke masyarakat yang sudah terdaftar dan sudah melakukan pelatihan dari p1 sampai p6 dan itu akan kita proses bilamana sudah melakukan pelatihan", katanya.

Di Tambora, beberapa wirausaha IKM telah disuntik pinjaman modal tersebut. Pinjaman itu berkisar Rp 4 hingga 10 juta, ditambahkan oleh  Indra, pinjaman modal tersebut bisa dilanjutkan ke tahap kedua bilamana memenuhi persyaratan.

"Nanti dilihat dulu, berkembang atau tidak usahanya. Kemudian kredibilitasnya, apakah bisa dia mempertahankan kredibilitasnya, makannya setiap debitur jangan sampai nama baiknya cacat", ujar Indra yang didampingi rekannya dari Tim Pengembang Kewirausahaan Terpadu Bank DKI, Fernando Parsaoran, usai mendata salah satu wirausaha IKM, Rosmalidah di wilayah Kelurahan Duri Selatan, Tambora, Jakarta Barat, Jumat (6/12/2019).

Sementara itu, petugas pendamping kewirausahaan IKM Sudin PE Jakarta Barat, Giri Satrio, pihaknya akan terus memantau perkembangan wirausaha IKM meski telah mendapatkan pinjaman modal. Bahkan, pelatihan lanjutan akan diberikan bagi mereka yang telah mendapat pinjaman modal.

"Setelah ini, ada pelatihan lanjutan. Kan sudah dibuat grup wa. Di grup wa ini, termasuk fasilitator atau pengajar. Pengajarnya ini mempunyai banyak link dan pengetahuan. Dari sini, bisa dikembangkan lagi ke depannya. Entah itu bentuk kerjasama saling suplai jika ada pesanan besar. Intinya ini harus dikembangkan. Dan itu difasilitasi media sosial, jadi lingkupnya bisa lebih luas, bahkan internasional," tukasnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved